PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TABUNG RESONANSI BUNYI UNTUK SISWA DIFABEL RUNGU KELAS XI DI SMALB WIYATA DHARMA 3

Faiz Miftarica El Barqy, NIM. 13690032 (2018) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TABUNG RESONANSI BUNYI UNTUK SISWA DIFABEL RUNGU KELAS XI DI SMALB WIYATA DHARMA 3. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TABUNG RESONANSI BUNYI UNTUK SISWA DIFABEL RUNGU KELAS XI DI SMALB WIYATA DHARMA 3)
13690032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TABUNG RESONANSI BUNYI UNTUK SISWA DIFABEL RUNGU KELAS XI DI SMALB WIYATA DHARMA 3)
13690032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan alat peraga tabung resonansi bunyi untuk siswa difabel rungu dan buku panduan penggunaan alat peraga tabung resonansi bunyi untuk siswa difabel rungu (2) mengetahui kualitas alat peraga tabung resonansi bunyi untuk siswa difabel rungu dan buku panduan penggunaan alat peraga tabung resonansi bunyi untuk siswa difabel rungu yang telah dikembangkan (3) Mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan alat peraga tabung resonansi bunyi untuk siswa difabel rungu dan buku panduan penggunaan alat peraga tabung resonansi bunyi yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan yang dilakukan dengan mengacu pada model procedural. Prosedur penelitian pengembangan ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop pada Development testing. Instrumen penelitian berupa lembar kritik dan saran validator, lembar penilaian kualitas modul, lembar respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan. Penilaian kualitas alat peraga menggunakan skala likert dengan skala 4 dan respon peserta didik menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan keterlaksanaan alat peraga menggunakan lembar observasi deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriptif. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah mengetahui cara mengembangkan produk berupa alat peraga tabung resonansi bunyi untuk siswa difabel rungu di SMALB Wiyata Dharma 3. Kualitas alat yang dikembangkan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) berdasarkan penilaian ahli media dan guru dengan skor masing-masing 3,81 dan 3,26 serta kategori Baik (B) berdasarkan penilaian ahli materi dengan skor rata-rata 3,21. Respon peserta didik terhadap alat peraga pada uji terbatas dan uji luas memperoleh klasifikasi Setuju (S) dengan rerata skor 1 dan 0,85. Keterlaksanaan alat berdasarkan hasil observasi mahasiswa menunjukkan alat yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alat peraga pada materi resonansi bunyi sesuai kebutuhan siswa difabel rungu. Aspek-aspek yang diujikan secara keseluruhan telah terlaksana dengan baik pada uji luas, dalam hal kinerja produk yang dikembangkan dan penggunaan alat peraga secara mandiri oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Winarti, S.Pd., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, alat peraga, tabung resonansi bunyi, siswa difabel rungu.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:49
Last Modified: 11 Mar 2019 02:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33694

Actions (login required)

View Item View Item