PENERAPAN TEKNIK BERGEMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV B MI/SDIT SULTAN AGUNG BABADAN BARU DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009

EFFENDI - NIM. 04461118, (2010) PENERAPAN TEKNIK BERGEMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV B MI/SDIT SULTAN AGUNG BABADAN BARU DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN TEKNIK BERGEMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV B MI/SDIT SULTAN AGUNG BABADAN BARU DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN TEKNIK BERGEMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV B MI/SDIT SULTAN AGUNG BABADAN BARU DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV B MI/SDIT Sultan Agung Babadan Baru Depok Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2008/2009 melalui penerapan teknik pembelajaran Bergema. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/ CAR), yang meliputi proses perencanaan, tindakan, obsevasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswasiswi kelas IV B MI/SDIT Sultan Agung Babadan Baru Depok Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Keberhasilan penelitian ini dapat ditunjukkan dengan keberhasilan proses dan produk. Keberhasilan proses meliputi adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa yang diperoleh melalui lembar observasi. Keberhasilan produk berupa peningkatan hasil belajar siswa, yakni kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal pretes dan postes. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan ditarik kesimpulan dengan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan teknik pembelajaran Bergema mampu meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisa data observasi terlihat bahwa besarnya skor rata-rata untuk aktivitas guru siklus I berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 21 dan siklus II berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 34, sedangkan besarnya skor rata-rata untuk aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 24 dan siklus II berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 27,5. Besarnya persentase hasil belajar siswa untuk pretes siklus I adalah sebesar 15% dan postes sebesar 60%, sedangkan persentase hasil belajar siswa untuk pretes siklus II adalah sebesar 55% dan postes sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cth. Pembimbing : Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si
Uncontrolled Keywords: Teknik Bergema, proses, aktivitas, hasil.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 15 Aug 2012 10:12
Last Modified: 07 Dec 2016 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3370

Actions (login required)

View Item View Item