FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MUZAKKI DALAM MENYALURKAN ZAKAT MAL DI YAYASAN BAITUL MAAL MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA

WAHYU YULIANA, NIM. 13380006 (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MUZAKKI DALAM MENYALURKAN ZAKAT MAL DI YAYASAN BAITUL MAAL MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MUZAKKI DALAM MENYALURKAN ZAKAT MAL DI YAYASAN BAITUL MAAL MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA)
13380006_BAB-1_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MUZAKKI DALAM MENYALURKAN ZAKAT MAL DI YAYASAN BAITUL MAAL MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA)
13380006_BAB-II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Zakat Maal adalah zakat harta yang wajib dikeluarkan oleh muzakki yang sudah mencapai nisab dan haul. Zakat merupakan rukun Islam ke empat. Zakat dapat dikeluarkan oleh muzakki melalui lembaga yang berwenang dalam mengelola dana zakat yang mencakup; pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan dana zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya sesuai yang diatur dalam Undang-Undang No 23 Tahun 2011. Dalam pengeluarannya muzakki mempunyai minat terhadap lembaga zakat yang di inginkan untuk membayarkan zakatnya. Salah satunya adalah Yayasan Baitul Mal Masjid Jogokariyan Yogyakarta yang dipilih oleh muzakki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kepercayaan, promosi dan image dalam mempengaruhi minat masyarakat dalam membayar atau menyalurkan zakat mal di Yayasan Baitul Maal Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini adalah muzakki sekitar masjid Jogokariyan Yogyakarta, dengan jumlah 67 responden, menggunakan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan program SPSS (statistikal product and servic solution) versi 22,00. Hasil uji model signifikan (Uji F) menunjukkan faktor kepercayaan, promosi dan image berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam membayar atau menyalurkan zakat mal. Hasil uji parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel kepercayaan dan promosi memberikan pengaruh tidak signifikan. Sedangkan variabel image lembaga memberikan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Widyarini, M.M.
Uncontrolled Keywords: minat muzakki, kepercayaan, promosi, dan image.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 11:28
Last Modified: 11 Mar 2019 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33705

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum