PEMBELAJARAN STRATEGI "FEEDBACK" DENGAN METODE GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA

KARTIKA SETIORINI - NIM. 04430969, (2010) PEMBELAJARAN STRATEGI "FEEDBACK" DENGAN METODE GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN STRATEGI "FEEDBACK" DENGAN METODE GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN STRATEGI "FEEDBACK" DENGAN METODE GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran Strategi feedback dengan metode Guided Teaching dalam rangka meningkatkan prestasi belajar matematika materi statistika kelas XI IPA di MAN Wonokromo Yogyakarta. Melalui penerapan ini diharapkan prestasi belajar siswa dapat meningkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, tes. Instrument yang digunakan untuk memonitoring dan evaluasi tindakan di kelas adalah lembar observasi tentang penampilan subjek penelitian pada kegiatan penilaian yang dibuat sendiri oleh peneliti. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif tahapannya adalah; reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Validitas dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas XI IPA MAN Wonokromo. Model pembelajaran feedback menjadikan siswa lebih aktif di dalam kelas, menjadikan komunikasi lebih baik antara siswa dan guru. Berdasarkan hasil angket diperoleh bahwa siswa membutuhkan pembelajaran strategi feedback untuk meningkatkan prestasi belajar siswa XI IPA MAN Wonokromo dalam pemecahan masalah. Pada siklus I hanya terdapat 19,23% siswa Tuntas Belajar, sehingga belum memenuhi Standar Ketuntasan Belajar. Pada siklus II terdapat 23,07% siswa yang Tuntas Belajar, sehingga belum memenuhi Standar Ketuntasan Belajar. Pada siklus III terdapat 88,46% siswa yang Tuntas Belajar, dan telah memenuhi Standar Ketuntasan Belajar, sehingga siklus ini diberhentikan. Pembelajaran Strategi feedback dengan metode guided teaching format model feedback III adalah berdasarkan fungsi informasi KCR ditambah penjelasan] tentang jawaban yang benar, KCR ditambah pengajaran tambahan. Berdasarkan fungsi motivasi adalah feedback segera. Secara umum pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Siswa lebih aktif dalam mengikuti] pembelajaran. Keaktifan siswa dalam pembelajaran selalu mengalami peningkatan di setiap siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Cth. Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd Hj. Aldilla Syarief, M. A
Uncontrolled Keywords: Feedback, Guided Teaching, Prestasi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 15 Aug 2012 16:40
Last Modified: 14 Dec 2016 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3372

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum