TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK ZAKAT PADI KEPADA BURUH PANEN DI DESA TANUHARJO KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH

M. KHOZINUL ASROR, nim. 14380044 (2018) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK ZAKAT PADI KEPADA BURUH PANEN DI DESA TANUHARJO KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK ZAKAT PADI KEPADA BURUH PANEN DI DESA TANUHARJO KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH)
14380044_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK ZAKAT PADI KEPADA BURUH PANEN DI DESA TANUHARJO KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH)
14380039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Zakat adalah ibadah māliyah yang murni ikhlas karena Allah, yang dikerjakan oleh orang Islam sebagaimana ibadah dan kewajiban lainnya, seperti shalat, puasa, dan haji yang dilakukan untuk memenuhi perintah Allah. Selain bentuk ibadah zakat juga mengandung makna sosial yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari penyaluran zakat yang harus berpedoman kepada delapan golongan, yaitu fakir, miskin, amil, mualaf, budak, ghārim, sabilīllāh, dan ibnu sabīl. Zakat yang dikeluarkan harus kepada delapan golongan, selain itu tidak sah. Oleh karena itu, seorang harus cermat dalam menentukan mustahiq zakat sebelum menyalurkannya kepada orang lain. Di Desa Tanuhajo, sebagian orang yang akan menyalurkan zakat padinya ditujukan kepada buruh panen yang statusnya masih umum atau belum pasti termasuk ke dalam delapan golongan. Maka muncul persoalan dalam penelitian ini yaitu bagaimana praktik distribusi zakat tersebut dan tinjauan hukum Islam terhadapnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan merupakan memecahkan masalah dengan cara observasi lapangan secara langsung untuk mencari dan mendapatkan data yang relavan terkait dengan praktik penyaluran zakat padi kepada buruh panen. Penelitian ini juga dilengkapi sumber data tambahan berupa penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang menggunakan data kepustakaan untuk mencari data dengan mencari di buku, kitab, jurnal, fatwa, makalah, artikel dan lainnya yang mendukung penelitian skripsi ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa praktik zakat padi yang dilakukan muzaki di desa tersebut tidak sesuai dengan hukum Islam dalam hal penentuan nisab dan kadar zakat. Adapun dalam pendistribusian zakat, praktik tersebut sudah sah menurut hukum Islam. Dengan alasan yakni buruh padi termasuk golongan miskin yang berhak mendapatkan zakat. Selain itu, kebiasaan dalam menyalurkan zakat padi termasuk kebiasaan yang baik dan tidak ada kesalahan di dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Yasin Baidi, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Praktik, Zakat Padi, Buruh Panen
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 07:57
Last Modified: 11 Mar 2019 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33725

Actions (login required)

View Item View Item