PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI ANAK DENGAN GANGGUAN ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SD INKLUSIF BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA

Samsul Husen, NIM. 12480083 (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI ANAK DENGAN GANGGUAN ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SD INKLUSIF BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI ANAK DENGAN GANGGUAN ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SD INKLUSIF BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA)
12480083_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI ANAK DENGAN GANGGUAN ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SD INKLUSIF BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA)
12480083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Samsul Husen, “Pelaksanaan Pembelajaran Tematik bagi Anak dengan Gangguan Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) di SD Inklusif Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Perhatian pendidikan kepada siswa berkebutuhan khusus berkembang cukup pesat dibuktikan dengan munculnya sekolah inklusif dan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Kota Yogyakarta nomor 188/661 tahun 2014 tentang Penetapan Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Kota Yogyakarta Tahun 2014 menjadi pintu gerbang perkembangan pendidikan inklusif di Yogyakarta. SD Budi Mulia dengan konsep inklusifnya menerima siswa dengan gangguan Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) atau yang lebih dikenal dengan gangguan perhatian dan hiperaktif pada peserta didik menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas lebih lanjut. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik, dan Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan sumber data utama didapatkan dnengan pengumpulan data berupa wawancara mendalam, teknik dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah: kebijakan sekolah dan proses perencanaan guru kelas dan guru pendamping khusus pada pembelajaran tematik di kelas inklusif, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran tematik bagi anak dengan gangguan ADHD, hasil wawancara guru dan siswa, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: Pelaksanaan pembelajaran tematik bagi anak dengan gangguan Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) dimulai dengan pembukaan, pelaksanaan pembelajaran dan penutup. Pelaksanaan pembelajaran bagi siswa lebih cenderung bergantung kepada guru pendamping khusus, dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Individu (RPPI) dan dengan pendekatan emosional untuk siswa membiasakan diri dengan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik, sekolah inklusif, siswa dengan gangguan ADHD.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Mar 2019 10:41
Last Modified: 12 Mar 2019 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum