IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) MTA GEMOLONG TAHUN AJARAN 2017/2018

ALI THOMTHOWI JAUHARI, NIM. 13480061 (2018) IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) MTA GEMOLONG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) MTA GEMOLONG TAHUN AJARAN 2017/2018)
13480061_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) MTA GEMOLONG TAHUN AJARAN 2017/2018)
13480061_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pentingnya penerapan penilaian berbasis portofolio sebagai alat penilaian dan evaluasi proses belajar peserta didik. Salah satu keunggulan penilaian portofolio adalah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih banyak terlibat, dan peserta didik sendiri dapat dengan mudah mengontrol sejauh mana perkembangan kemampuan yang diperolehnya. Dalam dunia pendidikan, portofolio dapat digunakan guru untuk melihat perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu berdasarkan kumpulan hasil karya sebagai bukti dari satu kegiatan pembelajaran. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana implementasi penilaian portofolio yang dilakukan oleh guru kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) MTA Gemolong tahun ajaran 2017/2018, dan apakah faktor pendorong dan penghambat yang dihadapi oleh guru dalam implementasi penilaian portofolio peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan implementasi penilaian portofolio yang dilakukan oleh guru sebagai penilaian peserta didik dan mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat yang dihadapi oleh guru dalam implementasi penilaian portofolio peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) MTA Gemolong sebanyak 3 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan penilaian portofolio pada pokok bahasan Tema 2 Selalu Berhemat Energi dan Tema 3 Peduli Terhadap Mahkluk Hidup pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) MTA Gemolong tahun ajaran 2017/2018, meliputi: a) Peserta didik menyajikan teks dalam bentuk poster, peserta didik membuat kolase dari bahan alam dan peserta didik membuat mozaik dari bahan alam, b) Tahap kegiatan dalam mengatur portofolio yang dilakukan oleh guru yaitu membuat perangkat pembelajaran yang meliputi Rancangan Persiapan Pembelajaran (RPP), Silabus dan media/alat peraga, dan c) Tahap pemberian nilai akhir portofolio yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya dengan rubrik penilaian. 2) Faktor pendorong pada penilaian portofolio peserta didik terutama berasal dari dukungan berupa moril dan materiil para wali murid peserta didik, sedangkan hambatan yang dihadapi adalah guru belum memahami penilaian portofolio peserta didik, guru tidak bisa membedakan penilaian produk di portofolio dan guru belum pernah mengikuti pelatihan tentang penilaian autentik K-13.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M. Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Penilaian Portofolio, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Mar 2019 03:52
Last Modified: 12 Mar 2019 03:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33744

Actions (login required)

View Item View Item