Akhta' Fi Kitabat Al Tarkib Al Idafiy Wa Al Wasfiy Fi Al Buhuth Al Ilmiyyah Li Talabah Qism Al Lughat Al Arabiyyah Wa Al Adabiha Jama'ah Sunan Kalijaga Al Islamiyyah Al Hukumiyyah : Dirasah Tahliliyyah Nahwiyyah

Dida Ganis Prameswari, NIM. 14110103 (2018) Akhta' Fi Kitabat Al Tarkib Al Idafiy Wa Al Wasfiy Fi Al Buhuth Al Ilmiyyah Li Talabah Qism Al Lughat Al Arabiyyah Wa Al Adabiha Jama'ah Sunan Kalijaga Al Islamiyyah Al Hukumiyyah : Dirasah Tahliliyyah Nahwiyyah. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Akhta' Fi Kitabat Al Tarkib Al Idafiy Wa Al Wasfiy Fi Al Buhuth Al Ilmiyyah Li Talabah Qism Al Lughat Al Arabiyyah Wa Al Adabiha Jama'ah Sunan Kalijaga Al Islamiyyah Al Hukumiyyah : Dirasah Tahliliyyah Nahwiyyah)
14110103_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Akhta' Fi Kitabat Al Tarkib Al Idafiy Wa Al Wasfiy Fi Al Buhuth Al Ilmiyyah Li Talabah Qism Al Lughat Al Arabiyyah Wa Al Adabiha Jama'ah Sunan Kalijaga Al Islamiyyah Al Hukumiyyah : Dirasah Tahliliyyah Nahwiyyah)
14110103_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya dengan menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Di dunia ini terdapat banyak bahasa, salah satunya adalah bahasa Arab. Bahasa Arab adalah salah satu bahasa Semit yang memiliki banyak penutur dari pada bahasa-bahasa lainnya dalam rumpun bahasa Semit. Bahasa Arab ini adalah bahasa resmi dari dua puluh lima Negara, dan merupakan bahasa peribadatan dalam agama Islam karena merupakan bahasa yang dipakai dalam al-Quran. Dalam bahasa terdapat banyak hal, salah satunya adalah frasa. Frasa adalah gabungan atau kesatuan kata yang terbentuk dari dua kelompok kata atau lebih yang memiliki satu makna gramatikal. Singkatnya frasa adalah gabungan dari dua kata atau lebih namun tidak dapat membentuk kalimat sempurna karena tidak memiliki predikat. Dalam pembahasan kali ini, penulis akan membahas tentang bentuk tarkib idhafi dan tarkib washfi dalam skripsi mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Arab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan bentuknya dalam kaidah nahwu. Dalam pembelajaran bahasa Arab, nahwu merupakan materi paling penting karena termasukn salah satu bagian dasar dari ilmu tata bahasa Arab, dan pengertiannya menurut bahasa Arab adalah ilmu yang menunjukkan kepada kita bagaimana cara menggabungkan kata benda, kata kerja, atau partikel untuk mebentuk kalimat yang bermanfaat. Dilakukannya pembahasan ini karena penulis telah melakukan penelitian pada beberapa skripsi yang ditulis oleh mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Arab, bahwa masih terdapat banyak kesalahan dalam menggunakan idhafah dan naat man’ut dalam kalimat atau tidak sesuai dengan kaidah nahwu. Atas dasar permasalahan di atas, maka tujuan penulisan skripsi, penulis ingin mengetahui apa sajakah persoalan yang muncul dalam struktur idhafi dan washfi yang ditulis oleh mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Arab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam skripsi mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan berbasis pustaka, penulis menganalisis skripsi dengan dua sumber data, yaitu sumber data primer, antara lain skripsi yang ditulis oleh mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan sumber data sekunder, antara lain buku-buku, literatur, atau apapun yang berhubungan dengan topik yang menjadi sumber pembahasan penulis. Kata kunci: Tarkib Idhafi, Trakib Washfi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mustafa, MA.
Uncontrolled Keywords: Tarkib Idhafi, Trakib Washfi
Subjects: Kesusastraan Arab > Frase - Analisis
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Mar 2019 01:41
Last Modified: 26 Mar 2019 01:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33747

Actions (login required)

View Item View Item