IMPLEMENTASI METODE REWARD DAN PUNISHMENT DI KELAS 4A IBN RUSYD SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Irma Noor Hanifah, NIM. 13480086 (2018) IMPLEMENTASI METODE REWARD DAN PUNISHMENT DI KELAS 4A IBN RUSYD SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE REWARD DAN PUNISHMENT DI KELAS 4A IBN RUSYD SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
13480086_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE REWARD DAN PUNISHMENT DI KELAS 4A IBN RUSYD SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
13480086_BAB II_BAB III_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang biasa terjadi pada saat pembelajaran berlangsung di dalam kelas seperti banyak siswa yang bermain sendiri, tidak memperhatikan guru, malas belajar, tidak tertarik dengan pelajaran, dan lain-lain. Ada banyak pilihan solusi atas permasalahan tersebut. Salah satu yang menarik yaitu penggunaan metode reward dan punishment yang diterapkan oleh guru kelas 4A Ibn Rusyd SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Metode tersebut digunakan bukan untuk menghukum secara fisik atau membuat siswa malu di depan teman-temannya. Namun metode ini dirancang atas kesepakatan bersama demi terciptanya pembelajaran yang menarik, menyenangkan, efektif, dan juga efisien. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan implementasi metode reward dan punishment di Kelas 4 Ibn Rusyd di SDIT Salsabila 3 Bangutapan, 2) untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dari implementasi metode reward dan punishment di Kelas 4 Ibn Rusyd di SDIT Salsabila 3 Bangutapan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam metode ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi metode reward dan punishment di Kelas 4A Ibn Rusyd SDIT Salsabila 3 Banguntapan terbagi menjadi tiga tahapan yaitu 1) perencanaan (perencanaan tujuan, pelaksana, perencanaan implementasi, perencanaan teknis reward dan punishment, prosedur implementasi metode dan anggaran biaya); 2) pelaksanaan (pembuatan peraturan kelas malaui kesepakatan dengan siswa, pemberian reward, pemberian punishment, dan konsistensi); 3) evaluasi (evaluasi melalui forum Forsigo mengenai pencarian solusi dari hambatan yang di temukan dan evaluasi di akhir semester). Faktor pendukung terbagi menjadi empat yaitu (1) kebijakan kepala sekolah yang memberi peluang guru-guru untuk berkreativitas dengan metode yang akan di gunakan untuk pembelajaran; (2) metode yang di pilih menyenangan bagi guru dan siswa; (3) bentuk reward yang menarik; (4) dukungan dari orang tua siswa;, faktor penghambat dari implementasi metode reward dan punishment yakni: (1) anggaran biaya untuk reward hanya dari uang pribadi guru (2) guru tidak hadir karena suatu hal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Reward dan Punishment, SDIT.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:07
Last Modified: 12 Mar 2019 04:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33748

Actions (login required)

View Item View Item