PERAN GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI BEDA AGAMA DI KELAS MIDDLE SD TUMBUH 3 YOGYAKARTA

Titi Ikromah Fidianti, NIM. 13480127 (2018) PERAN GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI BEDA AGAMA DI KELAS MIDDLE SD TUMBUH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI BEDA AGAMA DI KELAS MIDDLE SD TUMBUH 3 YOGYAKARTA)
13480127_BAB- I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI BEDA AGAMA DI KELAS MIDDLE SD TUMBUH 3 YOGYAKARTA)
13480127_BAB II_SAMPAI-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, yang terdiri dari banyak suku, budaya, bahasa, dan agama. Melihat keberagaman yang ada di Indonesia sebagai warga negara patut bangga atas keanekaragaman yang dimiliki. Namun akhir-akhir ini gejala anti keberagaman dan intoleran kian banyak di Indonesia, Bahkan merambah kedalam dunia pendidikan. Seperti aksi bullying di sekolah. Sebagai seorang guru agama di SD Tumbuh 3 Yogyakarta yang memiliki siswa yang beragam memiliki peran penting untuk menanamkan sikap toleransi kepada siswanya sejak dini, supaya siswa memiliki rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain dengan itu maka kebhinekaan tetap terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru agama dalam menanamkan sikap toleransi beda agama. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peran guru agama dalam menanamkan sikap toleransi beda agama di kelas Middle SD Tumbuh 3 Yogyakarta, (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat guru agama dalam menanamkan sikap toleransi beda agama di kelas Middle SD Tumbuh 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah adalah kualitatif dengan mengambil latar di SD Tumbuh 3 Yogyakarta dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendapat Bogdan melalui proses mencari serta menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahanbahan lainnya. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran guru agama dalam menanamkan sikap toleransi beda agama di kelas Middle SD Tumbuh 3 Yogyakarta adalah sebagai pendidik, sebagai pengajar, sebagai pembimbing, sebagai penasihat, sebagai pembaharu (innovator), sebagai emansipator, sebagai evaluator. (2) faktor pendukung guru dalam menanamkan sikap toleransi beda agama yaitu kebijakan sekolah dan hubungan yang baik antara warga sekolah (kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, dan orangtua). Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya pemahaman orangtua tentang SD Tumbuh 3 Yogyakarta dan kurang memadainya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr.H.Sedya Santosa,SS.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Agama, Sikap Toleransi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:19
Last Modified: 12 Mar 2019 04:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33750

Actions (login required)

View Item View Item