PENGEMBANGAN LOKOTAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS SISWA KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO 2

Uswatun Chasanah, NIM. 14480017 (2018) PENGEMBANGAN LOKOTAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS SISWA KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LOKOTAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS SISWA KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO 2)
14480017_ HALAMAN AWAL_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LOKOTAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS SISWA KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO 2)
14480017_ BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (18MB)

Abstract

Masih minimnya media pembelajaran untuk mata pelajaran agama di sekolah khususnya yang berkaitan dengan materi izhar syafawi, sedangkan siswa mengalami kesulitan mempelajari materi izhar syafawi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan lokotajwid dalam pembelajaran Al-Quran Hadis kelas V MI Ma’arif Giriloyo 2, (2) Memperoleh lokotajwid dalam pembelajaran Al-Quran Hadis kelas V MI Ma’arif Giriloyo 2 yang layak, (3) Mengetahui respon siswa terhadap lokotajwid dalam pembelajaran Al-Quran Hadis kelas V MI Ma’arif Giriloyo 2. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan prosedur pengembangan lokotajwid dimodifikasi dari model 4-D, akan tetapi, dalam penelitian ini hanya sebatas tiga tahap saja, yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), dan Pengembangan (Development). Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan lokotajwid adalah menggunakan lembar angket dengan Skala Likert untuk ahli media, ahli materi, ahli bahasa, peer reviewer dan guru. Sementara untuk respon siswa menggunakan Skala Guttman. Analisis data dilakukan dengan cara merubah data kualitatif ke dalam kuantitatif. Dan dianalisis dengan pedoman kategori penilaian untuk menentukan kelayakan lokotajwid. Hasil penelitian menunjukkan kualitas media pembelajaran Lokotajwid yang diperoleh dari ahli materi mendapatkan skor rata-rata 5,0 dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian dari ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,9 dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian dari ahli bahasa mendapatkan skor rata-rata 4,6 dengan kategori Sangat Baik (SB). Selanjutnya, peer reviewer mendapatkan skor rata-rata 4,9 dengan kategori Sangat Baik (SB), sedangkan guru mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas V mendapatkan skor rata-rata 4,9 dengan kategori Sangat Baik (SB), dan guru kelas V mendapatkan skor rata-rata 4,9 dengan kategori Sangat Baik (SB). Respon siswa menunjukan positif dengan persentase 100%. Dengan demikian, media pembelajaran lokotajwid dikatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran Al-Quran Hadis pada materi izhar syafawi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M. Pd. Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lokotajwid, Pembelajaran Al-Quran Hadis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:53
Last Modified: 12 Mar 2019 06:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33757

Actions (login required)

View Item View Item