PENGARUH STRATEGI PAKEM TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI SERTA PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO

Munawaroh Epriliani Aminah, NIM. 14480018 (2018) PENGARUH STRATEGI PAKEM TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI SERTA PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI PAKEM TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI SERTA PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO)
14480018_BAB I_BAB-TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI PAKEM TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI SERTA PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO)
14480018_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya materi keliling dan luas persegi serta persegi panjang di kelas III SD merupakan suatu dasar mulai adanya rumus dalam pembelajaran matematika menuju tingkat selanjutnya di kelas berikutnya serta dasar menuju tahapan materi berikutnya yaitu bangun ruang. Namun berdasarkan hasil observasi di lapangan, peneliti menemukan adanya siswa yang masih mengalami kendala dalam memahami materi keliling dan luas persegi serta persegi panjang di kelas III SD Muhammadiyah Karangbendo. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut diantaranya dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Pemilihan strategi tersebut telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 Bab IV Pasal 19 Ayat 1. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh strategi PAKEM terhadap kemampuan menjelaskan materi keliling dan luas persegi serta persegi panjang siswa kelas III SD Muhammadiyah Karangbendo. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian eksperimen semu (quasi experiment) ini yaitu non equivalent control group design. Keseluruhan subjek dalam penelitian ini digunakan sebagai sampel sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi yang berjumlah 62 orang siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi tidak terstruktur, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan tes berupa pre test dan post test. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan statistik parametrik yaitu independen sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan pengaruh pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas persegi serta persegi panjang antara menggunakan strategi PAKEM dengan konvensional. Terbukti dari hasil perhitungan independen sample T-test dengan nilai thitung (sig. 2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat perbedaan kemampuan menjelaskan materi keliling dan luas persegi serta persegi panjang siswa kelas III dengan menggunakan strategi PAKEM di SD Muhammadiyah Karangbendo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Strategi PAKEM, Kemampuan Menjelaskan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Mar 2019 07:15
Last Modified: 12 Mar 2019 07:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33759

Actions (login required)

View Item View Item