PENERAPAN METODE MINDMAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII-A DI SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009

RAHMAD AFFANDI - NIM. 04451055, (2010) PENERAPAN METODE MINDMAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII-A DI SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE MINDMAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII-A DI SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE MINDMAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII-A DI SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa, prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran biologi dengan metodebr mindmapping (metode pemetaan fikiran) materi klasifikasi makluk hidup di kelas VIIA SMP PIRI Ngaglik. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP PIRI Ngaglik Sleman tahun ajaran 2008/2009. Data yang dikumpulkan berupa data angket motivasi siswa dan nilai pretest dan post-test siklus I dan II. Data motivasi yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam motivasi. Data pre-test dan post-test siklus I dan siklus II ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rata-rata post-test siklus II dengan nilai rata-rata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mindmapping (pemetaan fikiran) pada materi pokok klasifikasi makluk hidup di SMP PIRI Ngaglik Sleman dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di SMP PIRI Ngaglik Sleman. Dari lembar angket motivasi yang diberikan kepada siswa dapat diketahui bahwa hampir semua aspek dalam angket motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Akan tetapi ada satu aspek yang mengalami penurunan yaitu pada aspek, kecenderungan untuk melaksanakan tugas yang menantang mengalami penurunan 2%, hal ini dikarenakan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung hampir seluruh siswa juga harus berurusan dengan pihak BK karena kesalahan yang sebelumnya mereka lakukan, mereka kurang tertarik mengerjakan tugas karena saat mengerjakan tugas fikiran para siswa tidak bisa fokus pada tugas, karena satu-persatu siswa dipanggil pihak BK untuk mempertanggungjawabkan kesalahan mereka, rasa takut pada BK membuat motivasi belajar siswa menjadi turun. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size yatu 1,084

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Cth. Pembimbing : Drs. Suhardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: metode mindmapping, motivasi belajar, prestasi belajar, klasifikasi makhluk hidup
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 15 Aug 2012 17:09
Last Modified: 01 Mar 2016 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3376

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum