HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PRINSIP METODE MONTESSORI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI KELAS UPPER ELEMENTARY SD BOPKRI BINTARAN

Irfan Rahman Hakim, NIM. 14480023 (2018) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PRINSIP METODE MONTESSORI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI KELAS UPPER ELEMENTARY SD BOPKRI BINTARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PRINSIP METODE MONTESSORI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI KELAS UPPER ELEMENTARY SD BOPKRI BINTARAN)
14480023_BAB-I_IV_atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN PRINSIP METODE MONTESSORI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI KELAS UPPER ELEMENTARY SD BOPKRI BINTARAN)
14480023_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Metode montessori menggunakan prinsip mendorong siswa untuk bekerja mandiri dalam pembelajaran, kegiatan pembelajaran disesuaikan tahap perkembangan usianya dan diberi kebebasan dalam beraktivitas dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalalm penelitian ini adalah persepsi siswa tentang penerapan prinsip metode montessori, motivasi belajar siswa, serta hubungan persepsi siswa tentang penerapan prinsip metode montessori terhadap motivasi belajar di kelas upper elementary SD BOPKRI Bintaran. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu persepsi siswa tentang penerapan prinsip metode montessori sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas upper elementary SD BOPKRI Bintaran. Jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional. Teknik yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan uji validitas instrumen persepsi siswa tentang penerapan prinsip metode montessori dinyatakan 15 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,844, uji validitas instrumen motivasi belajar dinyatakan 20 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,915, variabel X dan Y berdisribusi normal, hubungan antara variabel X dengan variabel Y adalah linier. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah nilai persepsi siswa tentang penerapan prinsip metode montessori adalah sebesar 84,06%, dari yang diharapkan dengan kategori sedang, nilai motivasi belajar adalah sebesar 80,07% dari yang diharapkan dengan kategori sedang, terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang penerapan prinsip metode montessori, motivasi belajar siswa, serta hubungan persepsi siswa tentang penerapan prinsip metode montessori terhadap motivasi belajar di kelas upper elementary SD BOPKRI Bintaran dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,760 dengan kategori sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Prinsip Metode Montessori, Motivasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Mar 2019 14:39
Last Modified: 12 Mar 2019 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33760

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum