GERAKAN SOSIAL MASYARAKAT SIPIL DALAM MENOLAK PENDIRIAN PABRIK SEMEN DI REMBANG: STUDI KASUS PERAN ADVOKASI JM-PPK

EDI CAHYONO, NIM. 1620010008 (2018) GERAKAN SOSIAL MASYARAKAT SIPIL DALAM MENOLAK PENDIRIAN PABRIK SEMEN DI REMBANG: STUDI KASUS PERAN ADVOKASI JM-PPK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GERAKAN SOSIAL MASYARAKAT SIPIL DALAM MENOLAK PENDIRIAN PABRIK SEMEN DI REMBANG: STUDI KASUS PERAN ADVOKASI JM-PPK)
1620010008_BAB I, IV, DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN SOSIAL MASYARAKAT SIPIL DALAM MENOLAK PENDIRIAN PABRIK SEMEN DI REMBANG: STUDI KASUS PERAN ADVOKASI JM-PPK)
1620010008_BAB-II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Gerakan sosial masyarakat sipil dalam menolak pendirian pabrik semen di Rembang: Studi kasus peran Advokasi JM-PPK”. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang strategi gerakan yang digunakan oleh jaringan masyarakat peduli pegunungan kendeng (JMPPK) dalam menolak pendirian pabrik semen di Rembang dan hambatan dan tantangan dalam menolak pendirian pabrik semen di Rembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsep keilmuan Interdisciplinary Islamic Studies dalam bidang Pekerjaan Sosial yaitu: jaringan masyarakat peduli pegunungan kendeng (JMPPK), dan peran Advokasi yang dilakukan JMPPK. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori gerakan sosial baru sebagai analisis dari hasil penenlitian. Dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif dan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi penulis memaparkan hasil dari penelitian secara apa adanya sesuai keadaan real di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa munculnya gerakan-gerakan sosial menolak pendirian pabrik semen antara lain: pertama, gerakan lokal dengan menggukan strategi mobilisasi massa dan framing issu. kedua, gerakan daerah mengunakan strategi mobilisasi massa dan struktur kesempatan politik. ketiga, gerakan nasional dengan menggunakan strategi framing issu dan struktur kesempatan politik dan mobilisasi massa. Adanya tantangan dan hambatan yang dihadapi JMPPK yaitu Reaksi dari masyarakat pro semen, Rekasi dari pabrik semen yang tetap melanjutkan oprasi pabrik semen. Rekasi dari pemerintah daerah yang melanjutkan izin tambang, dan rekasi pemerintah pusat yang belum memberi keputusan final pemberhentian pabrik semen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Abdur Rozaki, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Gerakan sosial, menolak pendirian pabrik, Strategi gerakan, tantangan dan hambatan.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Mar 2019 15:52
Last Modified: 12 Mar 2019 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33762

Actions (login required)

View Item View Item