PENGARUH METODE SIMA’I DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MIN 1 YOGYAKARTA

Ramadani BR Bancin, NIM. 14480039 (2018) PENGARUH METODE SIMA’I DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE SIMA’I DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MIN 1 YOGYAKARTA)
14480039_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE SIMA’I DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V MIN 1 YOGYAKARTA)
14480039_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Ramadani BR Bancin, “Pengaruh Metode Sima’i Dalam Menghafal Al-Qur‟an Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas V MIN 1 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Di MIN 1 Yogyakarta proses menghafal al-Qur‟an dilaksanakan dengan metode sima’i, yaitu siswa menyetorkan hafalannya kepada guru pembimbing hafalan al-Qur‟an secara individu dan terdapat beberapa siswa yang merasa kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari kesulitan siswa ketika membaca teks Arab yang panjang dan kesulitan siswa dalam menulis teks Arab yang didikte oleh guru bahasa Arab. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses dan penerapan menghafal al-Qur‟an siswa kelas V MIN 1 Yogyakarta. (2) sejauh mana pengaruh metode sima'i dalam menghafal al-Qur‟an terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas V MIN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni menekankan hasil penelitiannya disajikan dalam bentuk deskripsi dengan menggunakan angka-angka statistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 MIN 1 Yogyakarta yang berjumlah 30 orang. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan regresi sederhana. Hasil penelitian antara lain: (1) proses kegiatan menghafal al-Qur‟an di kelas V MIN 1 Yogyakarta dilakukan dengan menggunakan metode sima’i, yaitu siswa memperdengarkan/menyetorkan hafalan kepada guru pembimbing al-Qur‟an. (2) berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai signifikannya adalah 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 maka penelitian ini terdapat pengaruh antara menghafal al-Qur‟an terhadap hasil belajar bahasa Arab, hasil indeks determinasi (R2) yang merupakan besarnya sumbangan pengaruh variabel menghafal al-Qur‟an terhadap variabel hasil belajar bahasa Arab adalah sebesar 0,505 terhadap hasil belajar bahasa Arab. Jadi menghafal al-Qur‟an mempunyai sumbangan terhadap hasil belajar bahasa Arab sebesar 50,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohmatun Lukluk Isnaini, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an, Hasil Belajar Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 08:35
Last Modified: 13 Mar 2019 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33767

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum