HUBUNGAN PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GLAGAH YOGYAKARTA

MAR’ATU SSAL A MAH, NIM. 12140069 (2017) HUBUNGAN PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GLAGAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GLAGAH YOGYAKARTA)
12140069_BAB-I_BAB_IV-ATAU-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GLAGAH YOGYAKARTA)
12140069_BAB-II_sampai._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh siswa kelas V, prestasi belajar siswa kelas V, dan hubungan pemanfaatan koleksi perpustakaan dengan prestasi siswa kelas V SD Negeri Glagah Yogyakarta, dan jika ada hubungun seberapa besar hubungan pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Glagah Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya metode angket, observasi, dan dokumentasi. Variabel yang digunakan adalah variabel independen (pemanfaatan koleksi perpustakaan) dan variabel dependen (prestasi belajar siswa). Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Metode analisis yang digunakan dengan teknis analisis korelasi. Data diolah dengan menggunakan software SPSS version 21 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan koleksi perpustakaan SD Negeri Glagah Yogyakarta dengan nilai grand mean sebesar 3,075 secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi. Prestasi siswa dengan nilai mean 78,30 dalam kategori baik. Selanjutnya tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan koleksi perpustakaan dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Glagah Yogyakarta. Dari hasil korelasi bahwa besarnya koifisien korelasi (r) antara variabel pemanfaatan koleksi perpustakaan (X) dengan prestasi belajar siswa (Y) adalah sebasar 0,301. Karena r hitung lebih kecil dari r tabel (0,0550,254), maka korelasi dikatakan tidak signifikan. Dari hasil uji hipotesis tersebut Ho yang menyatakan tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Glagah Yogyakarta, ditolak dan Ha yang menyatakan ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Glagah Yogyakarta, diterima. Dengan mengetahui hasil penelitian ini hendaknya setiap sekolah meningkatkan dan memperhatikan perpustakaan sekolah secara lebih optimal.Hasil penelitian yang tidak signifikan ini dimungkinkan karena rendahnya faktor minat siswa dalam memanfaatkan koleksi perpustakaan.Selain itu, dimungkinkan terdapat faktor lain misalnya les privat yang dilakukan oleh sebagian siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Glagah Yogyakarta. Oleh karena itu, hubungan pemanfaatan koleksi perpustakan terhadap prestasi belajar siswa tidak signifikan dengan adanya faktor lain tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si
Uncontrolled Keywords: perpustakaan, koleksi perpustakaan, prestasi belajar
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Mar 2019 08:40
Last Modified: 13 Mar 2019 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33768

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum