PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER BACA TULIS ALKURAN (BTA) PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEBONGAN YOGYAKARTA

Zahrotul Hanah, NIM. 14480049 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER BACA TULIS ALKURAN (BTA) PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEBONGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER BACA TULIS ALKURAN (BTA) PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEBONGAN YOGYAKARTA)
14480049_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER BACA TULIS ALKURAN (BTA) PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEBONGAN YOGYAKARTA)
14480049_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Pada kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Alkuran banyak terkandung beberapa nilai yang terkait dengan pendidikan karakter. Nilai-nilai karakter di sekolah dapat diintegrasikan melalui mata pelajaran dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Di SD Negeri Cebongan Yogyakarta, kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Alkuran merupakan salah satu kegiatan yang dijadikan wadah sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik. Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Alkuran (BTA) pada siswa kelas II di SD Negeri Cebongan Yogyakarta?, (2) nilai-nilai karakter apa saja yang dapat dibentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Alkuran (BTA) pada siswa kelas II di SD Negeri Cebongan Yogyakarta? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat penelitian di SD Negeri Cebongan Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah guru pembimbing ekstrakurikuler Baca Tulis Alkurandan siswa-siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Alkuran. Untuk informan pendukungnya adalah Kepala Sekolah SD Negeri Cebongan Yogyakarta, wali kelas, dan satpam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi yaitu teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun trianggulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrakurikuler Baca Tulis Alkuran di SD Negeri Cebongan Yogyakarta diikuti oleh 67 siswa, yaitu 31 siswa kelas II A dan 36 siswa kelas II B. Urutan kegiatan pada setiap pertemuannya adalah pengkondisian siswa oleh guru pembimbing ekstrakurikuler Baca Tulis Alkuran, pembukaan, salat Duha, membaca buku Iqra, ceramah sedikit oleh guru pembimbing, doa bersama, dan penutup. Pada saat membaca buku Iqra siswa diajarkan untuk membaca bacaan sesuai dengan Tajwidnya. Sedangkan pada saat latihan menulis Arab siswa dilatih untuk menulis secara benar yaitu dari arah kanan. Nilai-nilai karakter yang muncul dalam ekstrakurikuler Baca Tulis Alkuran adalah religius, disiplin, jujur, toleransi, tanggung jawab, rasa ingin tahu, komunikatif, dan cinta damai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Baca Tulis Alkuran (BTA), Nilai-nilai karakter, Penanaman.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 01:56
Last Modified: 13 Mar 2019 01:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33770

Actions (login required)

View Item View Item