PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA CONGKLAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI MI BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG

Alya Rifda Millatuzakiya, NIM. 14480051 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA CONGKLAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI MI BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA CONGKLAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI MI BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG)
14480051_BAB-1-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA CONGKLAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI MI BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG)
14480051_BABA-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (13MB)

Abstract

Pada pembelajaran matematika kelas IV di MI Bansari ditemukan kendala dalam meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat positif dan negatif adalah salah satu materi konsep matematika yang bersifat abstrak sehingga siswa sulit memahami konsep tersebut. rata-rata nilai ulangan harian matematika siswa kelas IV MI Bansari yaitu 65,83 dari hasil ulangan harian tersebut masih di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 70,00. Dari 24 siswa hanya 9 siswa yang sudah mencapai nilai KKM, 15 siswa lainnya masih dibawah nilai KKM atau bisa dikatakan berdasarkan persentasenya bahwa 37,5 % siswa sudah mencapai nilai KKM dan 62,5% siswa yang belum mencapai nilai KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pengunaan alat peraga congklak dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga congklak terhadap meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV MI Bansari Kabupaten Temanggung. (2) Mengetahui sumbangan pengaruh penggunaan alat peraga congklak terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV MI Bansari Kabupaten Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain one group pretest posttest. Uji prasyarat yang peneliti gunakan yaitu menggunakan uji normalitas dengan Kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas dengan One way Anova, serta uji hipotesis menggunakan Paired t test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Bansari Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV A dengan jumlah 23 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga congklak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh Sig. (2-tailed) hasil uji t dengan signifikansi sebesar 0,001, lebih kecil dari 0,05. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, artinya penggunaan alat peraga congklak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Alat peraga congklak, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 02:12
Last Modified: 13 Mar 2019 02:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33772

Actions (login required)

View Item View Item