PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA KELASV DI SDN CEBONGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Yuliani, NIM. 14480062 (2018) PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA KELASV DI SDN CEBONGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA KELASV DI SDN CEBONGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14480062_Yuliani_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA KELASV DI SDN CEBONGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14480062_Yuliani_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Sikap kepemimpinan sangatlah penting untuk dimiliki oleh seseorang. Sikap kepemimpinan dapat ditumbuhkan melalui pendidikan dan pengembangan bakat yang ada pada diri orang itu sendiri. Latar belakang penelitian ini adalah tujuan pendidikan kepramukaan yaitu mempersiapkan generasi muda Indonesia menjadi kader bangsa yang berbudi luhur, disiplin, bertanggungjawab, berjiwa patriot dan kepemimpinan yang berwawasan luas, berkarya, berwirausaha, mandiri, peduli, serta mencintai budaya Indonesia. Kegiatan pendidikan kepramukaan di SDN Cebongan dapat dikatakan cukup bagus, bahkan SDN Cebongan pernah mewakili kecamatan Mlati sebagai Gugusdepan teladan pada tahun 2016. Akan tetapi berdasarkan keterangan pembina pramuka SDN Cebongan, sikap kepemimpinan siswa cukup beragam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui ada tidakadanya pengaruh pendidikan kepramukaan terhadap sikap kepemimpinan siswa kelas V SDN Cebongan dan (2) mengetahui besar sumbangan pengaruh pendidikan kepramukaan terhadap sikap kepemimpinan siswa kelas V SDN Cebongan Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian meliputi variabel bebas yaitu pendidikankepramukaan dan variabel terikat yaitu sikap kepemimpinan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Cebongan sleman Yogyakarta dengan jumlah sampel 55 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan berupa non tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada pengaruh yang positif antara pendidikan kepramukaan terhadap sikap kepemimpinan siswa kelas V SDN Cebongan Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan t hitung sebesar 3,426 pada proporsi signifikan 0,001<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan (2) berdasarkan dari hasil analisa data RSquare, pendidikan kepramukaan mampu meningkatkan sikap kepemimpinan siswasebesar 18,1%, sedangkan 81,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Analisis regresi pada penelitian ini menghasilkan nilai konstan sebesar 31,465, koefisien regresi untuk variabel pendidikan kepramukaan sebesar 0,426, sehingga model regresi sederhana yang diperoleh dapat dituliskan Y=31,465+0,426X. Setiap satu satuan dari nilai X akan diikuti perubahan Y sebesar 0,426. Artinya setiap kenaikan 1 unit skor pendidikan kepramukaan maka akan diikuti kenaikan sikap kepemimpinan sebesar 0,426 dengan asumsi bahwa pendidikan kepramukaan bersifat tetap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kepramukaan, Sikap Kepemimpinan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:02
Last Modified: 13 Mar 2019 03:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33778

Actions (login required)

View Item View Item