IMPLEMENTASI KARTU MONITORING KEGIATAN IBADAH ANAK (MKIA) UNTUK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH BODON

Eka Nur Fauziah, NIM. 14480072 (2018) IMPLEMENTASI KARTU MONITORING KEGIATAN IBADAH ANAK (MKIA) UNTUK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH BODON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KARTU MONITORING KEGIATAN IBADAH ANAK (MKIA) UNTUK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH BODON)
14480072_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KARTU MONITORING KEGIATAN IBADAH ANAK (MKIA) UNTUK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH BODON)
14480072_BAB II,_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Salah satu tahap penilaian sikap ialah mengamati perilaku peserta didik dengan melakukan pengamatan yakni menggunakan lembar observasi atau pengamatan. Latar belakang penelitian ini berdasarkan dari pernyataan wali kelas V C yang menyatakan bahwa aspek yang dinilai dalam sikap spiritual tidak dapat diamati dalam kegiatan-kegiatan di luar pembelajaran, untuk memudahkan penilaian guru terhadap sikap spiritual, SD Muhammadiyah Bodon membuat kartu Monitoring Kegiatan Ibadah Abak (MKIA) dengan pantauan orang tua di rumah. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pengembangan kartu MKIA di SD Muhammadiyah Bodon, (2) mengetahui implementasi kartu MKIA yang diterapkan di kelas V SD Muhammadiyah Bodon, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan kartu MKIA kelas V di SD Muhammadiyah Bodon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wali kelas V, ketua tim agama, peserta didik kelas V, dan 4 orangtua kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, pengamatan partisipasif moderat, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan/verifikasi. Teknik keabssahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan kartu MKIA melalui dua tahap yakni penentuan kriteria kartu MKIA dan pembuatan rubrik kartu MKIA. Implementasi kartu monitoring kegiatan ibadah anak atau MKIA dilaksanakan dalam dua tahap, yakni pelaksanaan penilaian sikap spiritual dengan kartu MKIA serta analisis dan pelaporan kartu MKIA. Tahap pelaksanaan penilaian sikap spiritual terdiri dari lima tahap yaitu: (1) mengumumkan tujuan dan fokus penilaian MKIA, (2) menyepakati kegiatan dan kriteria penilaian MKIA, (3) mendiskusikan upaya untuk mencapai hasil penilaian MKIA yang maksimal, (4) melaksanakan kegiatan penilaian dengan kartu MKIA, (5) memberikan umpan balik dari hasil penilaian MKIA kepada peserta didik. Tahap analisis dan pelaporan MKIA terdiri dari tiga tahap yakni: (1) menganalisis data yang telah dikumpulkan dari kartu MKIA, (2) menetapkan kriteria penilaian akhir, (3) melaporkan hasil penilaian MKIA. Faktor pendukung dan penghambat implementasi kartu MKIA terdiri dari beberapa hal. Faktor pendukung dalam implementasi kartu MKIA untuk penilaian sikap spiritual yaitu: (1) dukungan semua guru terhadap pelaksanaan MKIA, (2) peran aktif orangtua sebagai pendidik di rumah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kelalaian peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kartu MKIA, dan Penilaian Sikap Spiritual
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:29
Last Modified: 13 Mar 2019 03:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33782

Actions (login required)

View Item View Item