HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDIT ANAK SHOLEH SEDAYU BANTUL

Aryanti, NIM. 14480075 (2018) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDIT ANAK SHOLEH SEDAYU BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDIT ANAK SHOLEH SEDAYU BANTUL)
14480075_BAB I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDIT ANAK SHOLEH SEDAYU BANTUL)
14480075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Di SDIT Anak Sholeh prestasi belajar matematika peserta didik kelas V masih rendah, hal ini terbukti ada 12 peserta didik yang memperoleh nilai raport matematika pada semester ganjil di bawah KKM dengan perolehan nilai terendah sebesar 57, KKM matematika yaitu sebesar 76. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kemandirian belajar dan lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemandirian belajar peserta didik dengan prestasi belajar matematika kelas V SDIT Anak Sholeh Sedayu Bantul, 2) untuk mengetahui apakah ada hubungan antara lingkungan belajar peserta didik dengan prestasi belajar matematika kelas V SDIT Anak Sholeh Sedayu Bantul, 3) untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar peserta didik secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika kelas V SDIT Anak Sholeh Sedayu Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDIT Anak Sholeh yang berjumlah 52 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data untuk variabel kemandirian belajar dan lingkungan belajar menggunakan metode angket, sedangkan prestasi belajar matematika menggunakan nilai raport semester genap. Sebelum diujikan angket diuji coba dahulu di sekolah dasar lain, dan diperoleh 15 pernyataan valid untuk variabel kemandirian belajar, dan 17 pernyataan valid untuk variabel lingkungan belajar, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,776 untuk variabel kemandirian belajar, dan 0,812 untuk variabel lingkungan belajar. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana untuk hipotesis ke I dan II, sedangkan untuk hipotesis III menggunakan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Ada hubungan positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika, ditunjukkan dengan nilai nilai signifikansi sebesar 0,000, dan koefisien korelasi sebesar 0,613. (2) Ada hubungan positif antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar matematika, ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0,002 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,414. (3) Ada hubungan positif antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika, ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0,000 dan nilai R sebesar 0,621.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Matematika, Kemandirian Belajar, Lingkungan Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:38
Last Modified: 13 Mar 2019 03:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33785

Actions (login required)

View Item View Item