PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERTANYA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD N 3 BANTUL

Syarafina Saputri, NIM. 14480090 (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERTANYA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD N 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERTANYA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD N 3 BANTUL)
14480090__BAB I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERTANYA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD N 3 BANTUL)
14480090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Peserta didik Kelas IV B SD N 3 Bantul masih ada yang belum aktif bertanya dalam pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan budaya bertanya yang masih rendah, kondisi peserta didik yang takut atau malu bertanya, dan materi yang kurang menarik. Dibutuhkan peran guru yang mampu menumbuhkan keterampilan bertanya peserta didik dengan suatu pendekatan. Salah satunya dengan penerapan pendekatan saintifik. Adapun tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik (2) mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik untuk menumbuhkan keterampilan bertanya peserta didik di kelas IV B di SD N 3 Bantul. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah satu guru kelas, kepala sekolah, dan peserta didik kelas IV B. Dari subjek penelitian tersebut, peneliti ingin mengetahui penerapan pendekatan saintifik di kelas IV B dan sikap guru dalam menumbuhkan keterampilan bertanya peserta didik menggunakan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsaan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan (1) guru dan peserta didik kelas IV B telah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Pelaksanaan rangkaian kegiatan pendekatan saintifik tidak selalu urut, tergantung materi dan kondisi peserta didik. Guru membuat RPP sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran, namun dalam pelaksanaanya masih ada kegiatan pendahuluan dan kegiatan inti yang belum sesuai dengan RPP. (2) Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat menumbuhkan keterampilan bertanya peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya substansi pertanyaan peserta didik, meningkatnya frekuensi bertanya,penggunaan Bahasa Indonesia yang baik, meningkatnya kesopanan peserta didik dalam bertanya, dan peserta didik bertanya sudah dengan suara yang jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moh, Agung Rokhimawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, menumbuhkan keterampilan bertanya.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 04:12
Last Modified: 13 Mar 2019 04:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33791

Actions (login required)

View Item View Item