PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Rani Susilaningsih, NIM. 14480093 (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR)
14480093__BAB I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf-1.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR)
14480093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (14MB)

Abstract

Di SD Muhammadiyah Condongcatur menggunakan Problem Based Learning diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan literasi matematis. Penelitian bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika untuk menumbuhkan literasi matematis (2) Mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pembelajaran matematika dalam menumbuhkan literasi matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci.Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model-model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduksi, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning pada setiap tahap kegiatan pembelajaran yang digunakan di SD Muhammadiyah Condongcatur (1) menggunakan model problem based learning, guru telah menyajikan beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap kegiatan inti dan tahap pasca pembelajaran. Ketiga tahap tersebut peserta didik dikatakan dapat menumbuhkan literasi matematis pada kemampuan komunikasi, strategi pemecahan masalah, representasi dan menalar. Hal itu bisa terwujud karena didukung dengan adanya beberapa faktor diantaranya (1) Motivasi dari guru (2) Sarana prasarana sekolah yang memadai dengan adanya ruang alat peraga matematika (3) Adanya kelas pembinaan sore atau les mata pelajaran matematika. Meskipun begitu tentunya ada faktor yang menghambat dalam menumbuhkan literasi matematis yaitu kurangnya kepercayaan diri peserta didik terhadap kemampuannya, adanya perbedaan kemampuan berkomunikasi, bernalar peserta didik, dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Literasi Matematis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 04:24
Last Modified: 13 Mar 2019 04:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33792

Actions (login required)

View Item View Item