BUKU MUHAMMAD TELADANKU SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI KELAS IV B SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

Raras Hestin Waraningsih, NIM. 14480104 (2018) BUKU MUHAMMAD TELADANKU SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI KELAS IV B SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BUKU MUHAMMAD TELADANKU SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI KELAS IV B SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
14480104_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BUKU MUHAMMAD TELADANKU SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI KELAS IV B SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
14480104_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

SDIT Salsabila 3 Banguntapan memiliki program unggulan BCM (Bermain, Cerita, dan Menyanyi), khususnya kelas 4B pendidik menerapkan metode cerita dalam kegiatan apersepsi untuk peserta didik. Pendidik bercerita berdasarkan pada kisah Muhammad Teladanku (MUTE) sebagai sumber belajar dimana buku tersebut merupakan buku yang menceritakan kisah Tauladan Rasulullah sehingga diyakini kebenarannya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan buku Muhammad Teladanku sebagai sumber belajar di kelas 4B SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang ditinjau dari segi pemaparan data atau informasi. Pada penelitian ini peneliti berusaha membahas masalah mengenai apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara mengumpulkan data, informasi, menyusun, mengklarifikasi, menganalisis secara deskriptif atau apa adanya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: observasi di kelas, wawancara mendalam kepada wali kelas dan peserta didik, catatan lapangan dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah keberhasilan apersepsi dengan peyampaian cerita Muhammad Teladanku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku Muhammad Teladanku sebagai sumber belajar dalah kegiatan apersepsi dapat memberikan pengalaman belajar, dapat memberikan informasi yang akurat dan dapat merangsang peserta didik untuk berfikir dan bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Penyampaian cerita dilakukan dengan membacakan langsung dari buku cerita Muhammad Teladanku. Pemaparan kisah tersebut merupakan pengembangan program unggulan sekolah BCM yang dikembangkan oleh pendidik khususnya wali kelas 4B. Buku cerita Muhammad Teladanku (MUTE) yang digunakan sebagai sumber belajar mengandung nilai-nilai agama dari sikap dan sifat baik Rasulullah yang dapat dicontoh oleh peserta didik. Kegiatan pembacaan cerita Muhammad Teladanku pada kegiatan awal pembelajaran atau apersepsi untuk memberikan contoh atau tauladan kepada peserta didik atas sikap dan sifat baik Rasulullah yang terdapat dalam cerita tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: cerita, sumber belajar, apersepsi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 06:13
Last Modified: 13 Mar 2019 06:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33796

Actions (login required)

View Item View Item