FILANTROPI PENDIDIKAN UNTUK MENUMBUHKAN MUTU MADRASAH DI MI MUHAMMADIYAH KAWERON MUNTILAN MAGELANG

Wahyu Handoko, NIM. 14480113 (2018) FILANTROPI PENDIDIKAN UNTUK MENUMBUHKAN MUTU MADRASAH DI MI MUHAMMADIYAH KAWERON MUNTILAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FILANTROPI PENDIDIKAN UNTUK MENUMBUHKAN MUTU MADRASAH DI MI MUHAMMADIYAH KAWERON MUNTILAN MAGELANG)
14480113_BAB I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (FILANTROPI PENDIDIKAN UNTUK MENUMBUHKAN MUTU MADRASAH DI MI MUHAMMADIYAH KAWERON MUNTILAN MAGELANG)
14480113_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM_BAB_AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Madrasah adalah sekolah umum yang bercirikan agama Islam dengan kurikulum berasal dari departemen agama. Secara umum mutu madrasah belum sesuai dengan yang diharapkan banyak pihak. Lulusan yang seadanya, pembelajaran dan sarana prasarana yang ada terbatas, serta kekurangan pendanaan merupakan permasalahan yang dialami madrasah swasta khususnya. Untuk itu madrasah harus berupaya munumbuhkan mutu madrasah semaksimal mungkin, khusunya melalui kegiatan filantropi atau bantuan secara sukarela dari berbagai pihak. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk Mengetahui Bentuk-Bentuk Filantropi Pendidikan di MI Muhammadiyah Kaweron, 2) Untuk Mengetahui Upaya Menumbuhkan Mutu Madrasah di MI Muhammadiyah Kaweron. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang ditinjau dari segi pemaparan data atau informasi. Pengambilan data melalui observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik pengumpulan, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk-bentuk praktik filantropi pendidikan yang ada di MI Muhammadiyah Kaweron meliputi; zakat fitrah, zakat pendapatan, infak dan sedekah wali murid, infak dan sedekah alumni madrasah, infak dan sedekah pengurus yayasan, infak dan sedekah peserta didik, infak dan sedekah masyarakat umum, infak dan sedekah warga madrasah, wakaf tanah. 2) Indikator mutu madrasah yang ditumbuhkan melalui filantropi di MI Muhammadiyah Kaweron diantaranya meliputi; pengelolaan pendanaan khususnya hasil filantropi, fokus kepada kepuasan pelanggan madrasah melalui peningkatan mutu, pendanaan kegaiatan evaluasi madrasah, pendanaan kegiatan kerjasama madrasah, pendanaan pelatihan dan peningkatan ketrampilan guru, pendanaan pendukung sumberdaya madrasah, pendanaan peningkatan prestasi, pendanaan pengelolaan tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Khamim Zarkasih Putro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Filantropi Pendidikan, Mutu, Indikator Mutu
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 13:26
Last Modified: 13 Mar 2019 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33797

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum