PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN

Rizky Damayanti, NIM. 14480114 (2018) PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN)
14480114_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN)
14480114_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Lingkungan alam banyak menyediakan sumber belajar yang sangat beragam untuk dapat dipelajari. Ditambah lagi dengan kurikulum 13 yang saat ini banyak menggunakan aktivitas di luar kelas dan memberikan pembelajaran pengalaman langsung kepada peserta didik. Akantetapi masih banyak guru yang mengajar dengan berceramah dan selalu di dalam kelas, sehingga peserta didik menjadi bosan dan kurang aktif. Berbeda dengan SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman yang memiliki banyak sumber belajar di lingkungan alam sekolah untuk bisa dimanfaatakan sebagai materi pembelajaran dan gurunya yang kreatif. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman (2) Kendala apasaja yang menghambat pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman. Jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode studi lapangan. Dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini peserta didik kelas IV SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman yang berjumlah 16 peserta didik, kepala sekolah, dan guru kelas IV. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: aktivitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran, hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan peserta didik, catatan lapangan untuk mencatat kejadian di lapangan, dokumentasi dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, yaitu mereduksi data, penyajian data, dan dilanjutkan dengan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman dilakukan di beberapa lokasi di lingkungan alam sekolah. Dan pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan RPP yang sudah dibuat oleh guru. Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, menambah pengalaman langsung kepada peserta didik serta menumbuhkan sikap dan karakter yang baik. (2) Dalam pembelajaran ini, kendala yang dihadapi antara lain kendala teknis, kurangnya inovasi dan keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Alam, Sumber Belajar, IPA, Kendala
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 06:44
Last Modified: 13 Mar 2019 06:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33799

Actions (login required)

View Item View Item