PERAN PENDAMPING KUBE DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama Ngudi Santoso, Ambarketawang)

Indarnanto, NIM.13250035 (2018) PERAN PENDAMPING KUBE DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama Ngudi Santoso, Ambarketawang). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN PENDAMPING KUBE DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama Ngudi Santoso, Ambarketawang))
13250035_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENDAMPING KUBE DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama Ngudi Santoso, Ambarketawang))
13250035_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dimensi kemiskinan dapat disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Kemiskinan merupakan kondisi kualitas hidup yang rendah terhadap sumber-sumber pemenuhan kebutuhan manusia, diantaranya sandang, pangan, papan, pendidikan serta kesehatan. Oleh karena itu dengan adanya Program penumbuhan KUBE fakir Miskin Tahun Anggaran 2004 dari Dinas Sosial Yogyakarta sebagai peningkatan kesejahteraan yang saat ini dirasakan sudah sangat mendesak untuk dilakukan khususnya bagi keluarga miskin, karena adanya kondisi yang menunjukan beban hidup yang semakin meningkat dan pada dasarnya keluarga miskin memiliki kemampuan atau potensi yang ada pada diri mereka sebagai modal dalam melaksanakan usaha ekonominya. Fokus penelitian ini adalah mendiskripsikan bagaimana peran Pendamping KUBE Ngudi Santoso yang dibentuk dan diberikan pelatihan dasar pekerja sosial oleh Dinas Sosial Kabupaten Sleman dalam meningkatkan perekonomian angota kelompok Ternak Sapi Ngudi Santoso dimana mereka adalah kelompok yang termasuk kelompok keluarga miskin. Penelitian ini dilatar belakangi dengan penjelasan teori dari Edi Suharto yang mengatakan bahwa Pendamping mempunyai peranan untuk mempengaruhi proses berjalannya perkembangan KUBE sebagai fasilitator, broker, mediator, pembela dan pelindung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dan berkaitan dengan rumusan masalah. Data dalam penelitian ini adalah Ketua Padukuhan Dusun Bodeh, Pendamping, Ketua dan anggota KUBE ternak sapi Ngudi Santoso. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Pendamping dalam peningkatan ekonomi anggota kelompok Ternak Sapi Ngudi Santoso dilakukan dengan 5 peran pertama, pendamping sebagai fasilitator mengindentifikasi tentang kebutuhan untuk membentuk anggota dan struktur organisasinya. Kedua, broker yang menerima dan memberikan informasi dari berbagai sistem sumber kepada KUBE. Ketiga, mediator, Pendamping mempunyai kewajiban untuk membantu pihak yang bertikai untuk duduk bersama mempertemukan nilai-nilai persamaan. Keempat, pembela yang membela kasus atas nama kelompok (advokasi kasual), berusaha memperoleh hak-hak dari KUBE Ngudi Santoso. Dan atas nama seorang individu (advokasi kasus) yakni untuk membela hak-hak individu dari anggota KUBE Ngudi Santoso agar mendapatkan hasil ekonomi tambahan. Yang Kelima, pelindung, berkomunikasi dengan semua pihak dengan tanggung jawab etis, legal dan rasional. Selain itu, dalam mengelola KUBE Ngudi Santoso dengan pedoman dan teknis yang sudah ditetapkan. Kata kunci: Peran Pendamping KUBE, Peningkatan Pendapatan Ekonomi KUBE Ngudi Santoso

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Pendamping KUBE, Peningkatan Pendapatan Ekonomi KUBE Ngudi Santoso
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Mar 2019 08:41
Last Modified: 26 Mar 2019 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33802

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum