IMPLEMENTASI PROGRAM TAḤFIẒ AL-QUR’AN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018 DI KELAS 1C MIN 1 YOGYAKARTA

Khodijah Noor Rahmawati, NIM.14480126 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM TAḤFIẒ AL-QUR’AN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018 DI KELAS 1C MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM TAḤFIẒ AL-QUR’AN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018 DI KELAS 1C MIN 1 YOGYAKARTA)
14480126_BAB-1_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM TAḤFIẒ AL-QUR’AN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018 DI KELAS 1C MIN 1 YOGYAKARTA)
14480126_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BABA-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Melihat realita zaman modern ini, banyak pengaruh teknologi dan fasilitas bermain yang semakin beragam, sehingga tidak mudah menumbuhkan kesadaran bagi umat Islam, khususnya anak-anak untuk menghafalkan al-Qur‟an, karena akan lebih mudah jika menghafal al-Qur‟an dimulai sejak usia dini, sehingga anak akan lebih cepat daya serap ingatannya untuk mencapai hafalan yang diharapkan, maka dibutuhkan suatu wadah untuk memotivasi dan menghafal al-Qur‟an. Salah satu sekolah yang mengajarkan program taḥfiẓ al-Qur‟an adalah kelas 1C MIN 1 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran program taḥfiẓ al-Qur‟an semester genap tahun ajaran 2017/2018 dikelas 1C MIN 1 Yogyakarta, (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran taḥfiẓ al-Qur‟an semester genap tahun ajaran 2017/2018 dikelas 1C MIN 1 Yogyakarta, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran taḥfiẓ al-Qur‟an semester genap tahun ajaran 2017/2018 dikelas 1C MIN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas 1C MIN 1 Yogyakarta, objek penelitian ini adalah implementasi program taḥfiẓ al-Qur‟an di kelas 1C.pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, dan berdasarkan data yang diperoleh tersebut penulis analisis dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan penulis memperoleh temuan-temuan antara lain:(1) latar belakang program taḥfiẓ al-Qur‟an di kelas 1C MIN 1 Yogyakarta yaitu adanya tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan dari kelas, orang tua, dan siswa; (2) tujuan program taḥfiẓ al-Qur‟an yaitu mencetak generasi penghafal al-Qur‟an sejak dini; (3) program taḥfiẓ ini diwajibkan bagi kelas 1C dengan target hafalan juz 30 di semester ganjil dan surat-surat pilihan di semester genap; (4) materi meliputi juz 30 dan surat-surat pilihan yang dipilih oleh guru kelas; (5) sistem penilaian berupa setoran harian dan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M. Ag
Uncontrolled Keywords: program taḥfiẓ, taḥfiẓ al-Qur‟an
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 06:56
Last Modified: 13 Mar 2019 06:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33803

Actions (login required)

View Item View Item