Pendampingan Anak Difabel Grahita Melalui Pelatihan Ketrampilan Wirausaha (Studi Eksperimen di SLB Yapenas Unit II)

Al-Lu’lu’ Zaadun Ruuhiy, NIM. 13250107 (2018) Pendampingan Anak Difabel Grahita Melalui Pelatihan Ketrampilan Wirausaha (Studi Eksperimen di SLB Yapenas Unit II). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Pendampingan Anak Difabel Grahita Melalui Pelatihan Ketrampilan Wirausaha (Studi Eksperimen di SLB Yapenas Unit II))
13250107_BAB I_IV, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Pendampingan Anak Difabel Grahita Melalui Pelatihan Ketrampilan Wirausaha (Studi Eksperimen di SLB Yapenas Unit II))
13250107_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penyandang disabilitas pempunyai hak untuk mengenyam pendidikan, Namun dalam pelaksanaannya masih jauh dari yang diharapkan baik didalam pengangguran, program, maupun sarana dan prasarana yang tersedia untuk penyandang disabilitas. Anak tunagrahita merupakan salah satu penduduk penyandang disabilitas terbesar di Indonesia. Melihat masalah tersebut peneliti akan meneliti bagaimana pendampingan anak tunagrahita memalui ketrampilan wirausaha dan bagaimana cara meningkatkan ketrampilan wirausaha anak tunagrahita. Peneliti menggunakan metode penelitian riset aksi yang menekankan pada praktik sosial, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi berupa foto dan dokumen data dari SLB Yapenas Unit II, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian pertama, pendampingan yang dilakukan SLB Yapenas Unit II masuk kedalam model pendampingan kebutuhan dasar atau kesejahteraan seperti kebutuhan ekonomi. Kedua, Cara meningkatkan ketrampilan wirausaha anak tunagrahita dengan pembelajaran membuat pisang coklat beserta pemasaranya. kemampuan dalam melaksanakan peran sosialnya berupa pembelajaran komunikasi kepada pemilik warung. Kata Kunci: Tunagrahita, Pendampingan, Wirausaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lathiful Khuluq, Drs, MA, BSW, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Tunagrahita, Pendampingan, Wirausaha
Subjects: DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Mar 2019 08:41
Last Modified: 26 Mar 2019 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33804

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum