DUKUNGAN SOSIAL LANSIA TERHADAP AKTUALISASI DIRI (Studi Kasus Di Kampung Dukuh RW 18, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta)

Siti Nuzulul Istiqomah, NIM. 14250006 (2018) DUKUNGAN SOSIAL LANSIA TERHADAP AKTUALISASI DIRI (Studi Kasus Di Kampung Dukuh RW 18, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DUKUNGAN SOSIAL LANSIA TERHADAP AKTUALISASI DIRI (Studi Kasus Di Kampung Dukuh RW 18, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta))
14250006_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (DUKUNGAN SOSIAL LANSIA TERHADAP AKTUALISASI DIRI (Studi Kasus Di Kampung Dukuh RW 18, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta))
14250006_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dukungan Sosial Lansia terhadap aktualisasi diri di Kampung Dukuh RW 18 Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron yaitu bentuk- bentuk dukungan sosial yang dapat mempengaruhi kebutuhan aktualisasi diri lanjut usia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kebutuhan aktualisasi diri lanjut usia. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dimana dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara ditujukan kepada beberapa lanjut usia, anak, dan tetangga dilingkungan rumah. Serta observasi yang dilakukan adalah observasi kegiatan lanjut usia di Posyandu, rumah, dan hubungan dengan tetangga. Selanjutnya pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dengan mengambil beberapa sumber data lalu membandingkan. Hasil penelitian ini yaitu dukungan sosial lansia terhadap kebutuhan aktualisasi diri dipengaruhi oleh beberapa bentuk dukungan sosial. Bentuk dukungan sosial yang dirasakan yaitu dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dukungan informasional, dukungan kelompok dan jaringan sosial .. lanjut usia akan merasa puas dan bahagia karena bisa menacapai kebutuhan aktualisasi diri yang diinginkan. dukungan sosial lanjut usia bisa diperoleh dari pasangan, keluarga, masyarakat, dan lembaga. semakin banyak dukungan sosial maka semakin tercapainya kebutuhan aktualisasi diri lanjut usia Kunci: dukungan sosial, aktualisasi diri, lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto, MPd
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, aktualisasi diri, lansia.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Mar 2019 08:41
Last Modified: 26 Mar 2019 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33806

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum