PENGEMBANGAN APLIKASI INSTITUTIONAL REPOSITORY OMEKA UNTUK DIGITALISASI KATALOG PAMERAN DI UNIT PELAKSANA TUGAS PERPUSTAKAAN INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

HERU SUSANTO, NIM. 14140047 (2018) PENGEMBANGAN APLIKASI INSTITUTIONAL REPOSITORY OMEKA UNTUK DIGITALISASI KATALOG PAMERAN DI UNIT PELAKSANA TUGAS PERPUSTAKAAN INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI INSTITUTIONAL REPOSITORY OMEKA UNTUK DIGITALISASI KATALOG PAMERAN DI UNIT PELAKSANA TUGAS PERPUSTAKAAN INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA)
14140047_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI INSTITUTIONAL REPOSITORY OMEKA UNTUK DIGITALISASI KATALOG PAMERAN DI UNIT PELAKSANA TUGAS PERPUSTAKAAN INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA)
14140047_BAB II_S.D_BAB IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi institutional repository Omeka untuk digitalisasi katalog pameran di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Penelitian ini merupakan pengembangan sebuah aplikasi dengan metode research and development. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan system development life cyle dengan model pengembangan prototype. Penggunaan model tersebut membntu peneliti dalam melakukan pengembangan aplikasi. Dalam proses digitalisasi dibutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras komputer. Adapun yang termasuk perangkat lunak yang dibutuhkan dalam proses digitalisasi adalah: sistem operasi, aplikasi editor foto, xampp, web browser. Untuk perangkat keras yang dibutuhkan kamera, tripod, dan komputer. Digitalisasi dilakukan karena katalog pameran yang ada masih bersifat tercetak. Isi dari katalog pameran adalah hasil karya akhir mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan. Setelah proses digitalisasi selesai dilakukan hasil dari dokumentasi tersebut dimasukkan kedalam prototipe omeka. Guna memenuhi kebutuhan dari pemustaka dan sistem nyang ada diperpustakaan, peneliti melakukan modifikasi aplikasi tersebut. Modifikasi tersebut menambah ukuran maksimal file yang dapat di unggah kedalam aplikasi tersebut. Dengan ditambahnya ukuran tersebut file dari format gambar, musik, dan vidio dapat diunggah dan disimpan kedalam prototipe tersebut. Dilakukannya digitalisasi dan pengembangan aplikasi sebagai media penyimpanannya diharapkan dapat mempermudah pemustaka dalam melakukan pencarian referensi karya akhir mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Hj. Siti Rohaya, S.Ag., MT.,
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi, Katalog Pameran, Institutional Repository, Omeka, Prototipe, R & D.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Mar 2019 14:13
Last Modified: 13 Mar 2019 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33807

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum