PERAN PEKERJA SOSIAL PADA PELAKSANAAN PROGRAM JAMKESUS TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS (Studi Kasus di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Amin Fahminudin, NIM 14250010 (2018) PERAN PEKERJA SOSIAL PADA PELAKSANAAN PROGRAM JAMKESUS TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS (Studi Kasus di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN PEKERJA SOSIAL PADA PELAKSANAAN PROGRAM JAMKESUS TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS (Studi Kasus di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta))
14250010_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEKERJA SOSIAL PADA PELAKSANAAN PROGRAM JAMKESUS TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS (Studi Kasus di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta))
14250010_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penyandang disabilitas yang sering juga disebut orang dengan disabilitas, memiliki kesempatan dan hak yang sama dalam segala aspek kehidupan terutama dalam pelayanan sosial dan kesehatan. Dinas kesehatan Yogyakarta melalui Bapel Jamkesos bekerjasama dengan BRTPD Yogyakarta mengadakan program Jamkesus (Jaminan Kesehatan Khusus) terhadap penyandang disabilitas, dimana pada pelaksanaan program jamkesus disabilitas pekerja sosial BRTPD memiliki peranan yang sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pekerja sosial pada pelaksanaan program jamkesus terhadap penyandang disabilitas dan juga untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat pekerja sosial pada pelaksanaan program jamkesus terhadap penyandang disabilitas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Adapun teknik yang digunakan dalam pemilihan informan adalah teknik purposive sampling, yakni dipilih berdasarkan ciri-ciri subyek yang sesuai dengan tujuan penelitian. Subyek dalam penelitian ini ini berjumlah 13 (tigabelas) orang terdiri dari 1 (satu) orang kepala balai, 3 (tiga) orang pekerja sosial, 2 (dua) orang seksi medik balai, 1 (satu) orang pihak jamkesus dan 6 (enam) orang klien pekerja sosial BRTPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pekerja sosial pada pelaksanaan program jamkesus terhadap penyandang disabilitas, antara lain sebagai konselor yaitu memberikan pelayanan konsultasi kepada klien yang ingin mengungkapkan permasalahannya dan memberikan alternatif solusi pemecahan masalah; motivator yaitu memberikan semangat, dorongan dan dukungan kepada klien supaya mereka memiliki kemauan untuk berubah menjadi lebih baik; liason (informator) yaitu memberikan informasi yang diperlukan klien maupun keluarga tentang kondisi lembaga agar dapat memberikan pertimbangan yang tepat dalam menentukan tindakan demi kepentingan klien; penghubung (broker) yaitu menghubungkan klien dengan sistem sumber lain yang dapat membantu dalam usaha pemecahan masalah klien; fasilitator yaitu mempermudah upaya pencapaian tujuan dengan cara menyediakan atau memberikan kesempatan dan fasilitas yang diperlukan klien untuk mengatasi masalahnya, memenuhi kebutuhannya, dan mengembangkan potensi yang dimilikinya; advokator yaitu membantu klien agar mampu menjangkau sumber atau pelayanan sosial yang telah menjadi haknya. Adapun faktor penghambat pekerja sosial pada pelaksanaan program jamkesus meliputi 1) seperti dari pihak keluraga yang tidak mengizinkan anggota keluargannya untuk mendapatkan pelayanan di BRTPD, 2) waktu pelaksanaan yang begitu singkat sehingga pelayanan yang diberikan pekerja sosial tidak optimal, 3) lokasi pelaksanaan yang tidak nyaman dan kondusif, 4) jumlah pekerja sosial yang sedikit, 5) serta ketidaktauan peserta tentang layanan rehabilitasi sosial. Kata Kunci : Peran Pekerja Sosial, Program Jamkesus, Penyandang Disabilitas,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andayani, S.IP, MSW
Uncontrolled Keywords: Peran Pekerja Sosial, Program Jamkesus, Penyandang Disabilitas,
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Mar 2019 10:03
Last Modified: 26 Mar 2019 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33809

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum