LAYANAN KONSELING KELUARGA BAGI WANITA KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA

AZMATUN FARAHIYAH, NIM. 12220117 (2018) LAYANAN KONSELING KELUARGA BAGI WANITA KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN KONSELING KELUARGA BAGI WANITA KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA)
12220117_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN KONSELING KELUARGA BAGI WANITA KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA)
12220117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan layanan konseling keluarga di BPRSW Yogyakarta, 2) Mengetahui upaya konselor dalam proses pelaksanaan layanan konseling keluarga pada WRSP di BPRSW Yogyakarta, dan 3) Mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh konselor pada proses pelaksanaan Layanan Konseling Keluarga di BPRSW Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Menggunakan jenis penelitian lapangan. Subyek yang dikenai tindakan konselor yang melaksanakan konseling keluarga yaitu Bu Neli, Bu Lulun, Bu Lita dan klien yang mengalami KDRT yaitu HDZ, RNT, UWW. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dilanjutkan dengan teknik wawancara yang merupakan tenik utama dalam penelitian ini. Penelitian ini juga menggunakan teknik dokumentasi untuk melengkapi hasil dari teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Melalui layanan konseling individu korban dan keluarga korban dapat memahami masalah dan akar penyebabnya, menemukan potensi dan kekuatan yang di miliki, serta dapat memutuskan sendiri tindakan dan jalan keluar yang akan ditempuh. Serta secara xi bersama dapat berjuang untuk mengatasi masalah yang mereka alami, 2) Peran utama konselor adalah sebagai pengingat yaitu sebagai orang yang mengingatkan individu yang dibimbing. Dalam hal ini upaya membantu individu belajar mengembangkan fitrah atau kembali kepada fitrah. Perubahan sikap dan prilaku, dapat mengambil keputusan dengan percaya diri, dapat menerima keadaan sebelumnya tanpa rasa dendam, dan bertawakal kepada Allah SWT, dan 3) Hambatan yang dialami oleh konselor pada saat proses pelaksanaan layanan konseling keluarga di BPRSW Yogyakarta. Hambatan yang berasal dari eksternal yaitu berupa keterbatasan waktu dan dari internal beruba keterbatasan komunikasi dengan klien dan keluarganya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Casmini, S. Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Keluarga,Wanita Korban KDRT
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:57
Last Modified: 14 Mar 2019 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33818

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum