PEMANFAATAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL GUIDED INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK KINGDOM PLANTAE SISWA KELAS X MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

SITI FATIMATUZZAHROH - NIM. 04451061, (2010) PEMANFAATAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL GUIDED INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK KINGDOM PLANTAE SISWA KELAS X MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL GUIDED INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK KINGDOM PLANTAE SISWA KELAS X MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (798kB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL GUIDED INQUIRY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK KINGDOM PLANTAE SISWA KELAS X MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui faktor yang menghambat proses pembelajaran Biologi dengan menerapkan model guided inquiry pada materi pokok Plantae untuk siswa kelas X MA Nurul Ummah semester II; (2) Mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model guided inquiry; (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif Biologi siswa melalui penerapan model guided inquiry. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Nurul Ummah semester II tahun pelajaran 2008/2009. Data yang dikumpulkan adalah data keterampilan proses sains dan data hasil belajar kognitif Biologi siswa. Data keterampilan proses sains diambil dengan cara observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam keterampilan proses sains sedangkan data hasil belajar kognitif biologi siswa diambil dari pre-test dan post-test siklus I dan siklus II kemudian ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat diketahui dari nilai effect size yaitu selisih antara nilai rerata post-test siklus II dengan nilai rerata post-test siklus I. Adapun yang menjadi faktor penghambat pada penelitian ini adalah ketersediaan waktu yang relatif singkat untuk diterapkannya model guided inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model guided inquiry dapat diterapkan pada pembelajaran Biologi materi Plantae pada siswa kelas X MA Nurul Ummah semester II tahun pelajaran 2008/2009. Model guided inquiry juga dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada tiap aspeknya dan meningkatkan hasil belajar kognitif Biologi siswa dengan nilai effect size sebesar 0,35.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cth. Pembimbing : Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Guided inquiry, keterampilan, proses, sains, kognitif.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 09:32
Last Modified: 01 Mar 2016 04:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3382

Actions (login required)

View Item View Item