TOLAK UKUR KINERJA LEMBAGA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI LAMPUNG DALAM TINJAUAN MAQASID AL ‘AMMAH

OKTAN TRIAS PUTRA, NIM: 1620310011 (2018) TOLAK UKUR KINERJA LEMBAGA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI LAMPUNG DALAM TINJAUAN MAQASID AL ‘AMMAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TOLAK UKUR KINERJA LEMBAGA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI LAMPUNG DALAM TINJAUAN MAQASID AL ‘AMMAH)
1620310011_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150MB) | Preview
[img] Text (TOLAK UKUR KINERJA LEMBAGA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI LAMPUNG DALAM TINJAUAN MAQASID AL ‘AMMAH)
1620310011_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Isu tentang pengawasan pelayanan publik di Provinsi Lampung yang dimana di lakukan Ombudsman RI Provinsi Lampung ini menarik karena berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat luas. Penelitian yang akan dilakukan akan lebih terfokus pada bagaimana tolak ukur kinerja Ombudsman sebagai lembaga pengawasan pelayanan publik seharusnya bisa meningkatkan kinerja lembaga untuk meningkatkan pelayanannya pada masyarakat. Dalam penelitian ini adapun rumusan masalah yang akan di teliti adalah Mengapa kinerja Lembaga Ombudsman dalam pelayanan publik di Provinsi Lampung kurang Optimal, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Ombudsman dan Bagaimanakah kinerja lembaga Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung terhadap pelayanan publik dalam tinjauan Maqa>s}id al- ‘A<mmah. Jenis penelitian hukum yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini atau penelitian lapangan (field research), yakni dengan melakukan pengamatan langsung dengan wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis empiris. Bahan hukum yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui informasi yang sudah tertulis dalam bentuk dokumen. Sedangan metode analisa yang digunakan adalah deskriptif-analitis. Hasil penelitan menunjukkan bahwa Kinerja Lembaga Ombudsman dalam pelayanan publik di Provinsi Lampung sudah optimal tetapi tidak 100%, dikarenakan ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Ombudsman yaitu faktor internal yaitu kurangnya model investigasi yang digunakan dalam melakukan pengawasan pelayanan publik yang selesai dengan mediasi, kasus penyelesaian di salah satu laporan dari masyarakat (RS Abdul Moelek). Adapun faktor eksternal yang mempengaruhi adalah SDM dari asisten Ombudsman yang sedikit yaitu 11 orang. bila dilihat dari kinerja lembaga Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung terhadap pelayanan publik dalam tinjauan Maqasid al ‘Ammah sudah sesuai dengan prinsip-prinsip maqashid ammah, yang mana Ombudsman sudah menjaga 5 keniscayaan yaitu agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan, dan menjaga harta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatimah, S.H., M. Hum
Uncontrolled Keywords: pengawasan, pelayanan publik, Provinsi Lampung, Ombudsman RI
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2) > Hukum Tata Negara
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Apr 2019 08:21
Last Modified: 04 Apr 2019 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33828

Actions (login required)

View Item View Item