PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL

Lisa Listiyani, NIM. 14480165 (2018) PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL)
14480165__BAB I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL)
14480165_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Mata Pelajaran bahasa Arab penting untuk diajarkan dan dipelajari. Mata pelajaran ini diberikan mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA hingga Perguruan Tinggi. Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Arab yang membosankan kemudian kurangnya kesadaran belajar, dan hasil belajar Bahasa Arab yang masih rendah pada peserta didik kelas IV di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Eksperimen kuasi/Quasi Experiment dengan design nonequivalent control group. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan metode bernyanyi, sedangkan variabel terikat adalah minat dan prestasi belajar bahasa Arab. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Sampel penelitian adalah kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian antara lain: 1). Penerapan metode bernyanyi melalui tiga tahap, Tahap perencanaan, terdiri dari: menetapkan tujuan, materi, metode, teknik dan evaluasi pembelajaran. Tahap pelaksanaan, terdiri dari: kegiatan awal: guru memperkenalkan lagu, memberi contoh dan bersama dengan siswa menyanyikan lagu tersebut secara berulang. Tahap penilaian, untuk mengukur pemahaman siswa mengenai materi. 2). Metode bernyanyi dapat meningkatkan minat belajar bahasa Arab. Peningkatan minat belajar ditunjukkan dari nilai rata-rata minat belajar sebelum diberi perlakuan yaitu 37,68, setelah diberi perlakuan rata-rata nilai minat belajar meningkat menjadi 55,88. Peningkatan minat belajar juga ditunjukkan oleh Sig. (2-tailed) hasil uji t dengan signifikasi sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05. Sehingga Ha1 diterima dan H01 ditolak. Artinya terdapat peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan metode bernyanyi, dan dari perhitungan N-gain mendapatkan nilai 0,69 termasuk kategori sedang. 3) Metode bernyanyi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil belajar sebelum diberi perlakuan adalah 51,20, setelah diberi perlakuan rata-rata nilai meningkat menjadi 82,40. Peningkatan prestasi belajar juga ditunjukkan oleh Sig. (2-tailed) hasil uji t dengan signifikasi sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05. Sehingga Ha2 diterima dan H02 ditolak. Artinya terdapat peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan metode bernyanyi, dan dari perhitungan N-gain mendapatkan nilai 0,63 termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Jafar Shodiq, M. S.I.
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Minat Belajar, Prestasi Belajar Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Mar 2019 09:45
Last Modified: 14 Mar 2019 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum