PENGEMBANGAN MODEL PEER COUNSELING “MAJU BERSAMA” UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

FAHMI HUSEIN, NIM. 1620310047 (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEER COUNSELING “MAJU BERSAMA” UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL PEER COUNSELING “MAJU BERSAMA” UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
1620310047_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL PEER COUNSELING “MAJU BERSAMA” UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
1620310047_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai maksud dan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menganalisis masalah Perilaku Prososial siswa dan analisis model Peer Counseling yang telah ada di SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta, (2) melakukan pengembangan model Peer Counseling “Maju Bersama” untuk siswa SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta, (3) menguji validitas dan efektivitas model tersebut, serta (4) melakukan publikasi dan sosialisasi model. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Melalui validasi para ahli model ini dinyatakan valid dan dapat diimplementasikan untuk meningkatkan Perilaku Prososial siswa. Hasil implementasi model dan hasil uji kuantitatif dengan metode statistik Non Parametric menggunakan uji Wilcoxon, menunjukkan bahwa ada peningkatan Perilaku Prososial hal tersebut ditandai dengan peningkatan dalam sikap jujur, empati, bekerjasama, dermawan dan Menolong tanpa mengharapkan imbalan. Model Peer Counseling “Maju Bersama” yang dikembangkan sangat efektif untuk meningkatkan Perilaku Prososial siswa. Model ini relevan diimplementasikan untuk membangun karakter generasi milenial pada era globalisasi yang tengah menghadapi degradasi nilai-nilai kebersamaan, kepedulian dan gotong royong.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model, Peer Counseling dan Perilaku Prososial
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Mar 2019 03:04
Last Modified: 15 Mar 2019 03:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33864

Actions (login required)

View Item View Item