REGULASI DIRI SISWA TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT (STUDI DESKRIPTIF PADA DUA SISWA MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA)

MAYA ULFATUL UMAMI, NIM. 15220001 (2018) REGULASI DIRI SISWA TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT (STUDI DESKRIPTIF PADA DUA SISWA MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (REGULASI DIRI SISWA TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT (STUDI DESKRIPTIF PADA DUA SISWA MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA))
14220062_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (REGULASI DIRI SISWA TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT (STUDI DESKRIPTIF PADA DUA SISWA MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA))
14220062_BAB-II, III, IV.pdf - Updated Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa tahfidz MA Sunan Pandanaran yang telah menyelesaikan hafalan Al-Qur‟an dan mengikuti khataman Al-Qur‟an tahun 2018. Dua siswa ini memiliki bentuk regulasi diri yang baik sehingga mampu mengatasi berbagai macam kesulitan dalam menghafal Al- Qur‟an dan berhasil menjadi seorang hafidz/hafidzoh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, bertujuan untuk mengetahui dan mendekripsikan tentang bentuk regulasi diri siswa tahfidz dalam meningkatkan adversity quotient di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data yang terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Subjek penelitian adalah dua siswa yang sudah menyelesaikan hafalan 30 juz, guru tahfidz, dan guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima bentuk regulasi diri, hanya ada dua bentuk yang dapat meningkatkan adversity quotient, yaitu bentuk identified regulation dan intrinsically motivated behavior sebab kedua bentuk ini dikategorikan sebagai bentuk regulasi diri yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri, Adversity Quotient, Siswa Tahfidz
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:33
Last Modified: 15 Mar 2019 07:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33873

Actions (login required)

View Item View Item