PENGEMBANGAN AIDSPEDIA-BKI SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ANDROID UNTUK LAYANAN INFORMASI (STUDI DI MAN 3 SLEMAN)

HAYATUL KHAIRUL RAHMAT, NIM. 15220011 (2018) PENGEMBANGAN AIDSPEDIA-BKI SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ANDROID UNTUK LAYANAN INFORMASI (STUDI DI MAN 3 SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN AIDSPEDIA-BKI SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ANDROID UNTUK LAYANAN INFORMASI (STUDI DI MAN 3 SLEMAN))
15220011_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN AIDSPEDIA-BKI SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ANDROID UNTUK LAYANAN INFORMASI (STUDI DI MAN 3 SLEMAN))
15220011_BAB-II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh layanan informasi yang diberikan di sekolah masih belum optimal dan menggunakan media yang masih monoton sehingga kadang kurang diminati oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan AIDSPEDIA-BKI sebagai media bimbingan dan konseling berbasis Android untuk layanan informasi di MAN 3 Sleman dan untuk mengetahui kualitas AIDSPEDIA-BKI sebagai media bimbingan dan konseling berbasis Android untuk layanan informasi di MAN 3 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap implementasi. Adapun tahapan dari ADDIE tersebut adalah tahap analysis (analisis), tahap design (desain produk), tahap development (pengembangan), dan tahap implementation (uji coba). Dalam pengembangan media bimbingan dan konseling berbasis Android ini menghasilkan aplikasi AIDSPEDIA-BKI yang dibuat dengan bantuan software CorelDraw X7, software Contruct 2, dan software Adobe Phonegap. Adapun hasil dari pengembangan ini berdasarkan kuisioner penelitian yang diberikan kepada berbagai ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan ahli layanan bimbingan dan konseling, serta siswa. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi AIDSPEDIA-BKI dinyatakan memiliki kualitas produk yang layak digunakan dalam layanan informasi setelah dilakukan validasi oleh ahli materi dengan persentase 92,5%, oleh ahli bahasa dengan persentase 97,5%, oleh ahli media dengan persentase 81,18%, dan oleh ahli layanan bimbingan dan konseling dengan persentase 81,33%, serta siswa dengan persentase 90,32%. Dapat disimpulkan secara keseluruhan, kualitas aplikasi AIDSPEDIA-BKI adalah sebesar 88,57% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: AIDSPEDIA-BKI, Layanan Informasi, dan Media Bimbingan dan Konseling Berbasis Android
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:57
Last Modified: 15 Mar 2019 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33874

Actions (login required)

View Item View Item