BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI KARIER SISWA SLOW LEARNER DI SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL

ELA NURMALASARI, NIM. 15220013 (2018) BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI KARIER SISWA SLOW LEARNER DI SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI KARIER SISWA SLOW LEARNER DI SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL)
15220013_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI KARIER SISWA SLOW LEARNER DI SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL)
15220013_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Ela Nurmalasari, Biblioterapi untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Karier Siswa Slow Learner di SMP Negeri 2 Sewon Bantul: Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peluang untuk menggunakan bacaan sebagai media bimbingan dan konseling bagi siswa difabel. Bacaan dapat digunakan sebagai salah satu media dalam membantu mengatasi permasalahan siswa yaitu dengan teknik biblioterapi. Permasalahan tersebut dapat berupa permasalahan dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karier. Masa remaja merupakan masa yang tepat untuk mengeksplorasi karier, olah karena itu pemberian layanan bimbingan dan konseling dengan teknik biblioterapi penting bagi siswa terutama slow learner. Hal tersebut dikarenakan siswa slow learner membutuhkan treatment yang berbeda dengan siswa pada umumnya. Media yang dapat digunakan sebagai treatment yaitu menggunakan buku bacaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan biblioterapi untuk meningkatkan kemampuan eksplorasi karier siswa slow learner di SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa catatan observasi, rekaman hasil wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan penulis yaitu menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap biblioterapi untuk meningkatkan kemampuan eksplorasi karier siswa difabel di SMP Negeri 2 Sewon Bantul terdiri dari lima tahap yaitu motivasi, membaca, inkubasi, tindak lanjut, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Biblioterapi, Slow Learner dan Eksplorasi Karier.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2019 08:10
Last Modified: 15 Mar 2019 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33879

Actions (login required)

View Item View Item