KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH BERDASARKAN TABAP BERPIKIR VAN HIELE

Nu’man, Mulin (2014) KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH BERDASARKAN TABAP BERPIKIR VAN HIELE. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA "Peran Matematika dan Pendidikan Matematika Dalam Pembangunan Nasional". Prosiding, - (-). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, pp. 437-461. ISBN 978-602·9187·91-5

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH BERDASARKAN TABAP BERPIKIR VAN HIELE)
Mulin Nu'man - KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA MADRASAH TSANA WIYAH BERDASARKAN TAHAP BERPIKIR VANHIELE - Prosiding MPM2014.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan geometri siswa Mrs di Y ogyakarta berdasarkan tahap berpikir van Hiele. Klasiflkasi kemampuan geometri didasarkan pada tahap-tahap berpikir menurut van Hiele yaitu tahap visualisasi, tahap analisis, tahap deduksi informal, tahap deduksi formal, dan tahap rigor. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif yang meliputi seleksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan membandingkan ciri-ciri tahap berpikir van Hiele yang dikembangkan Crowley. Hasil penelitiannya adalah kemampuan geometri siswa Mrs di Y ogyakarta dalam berdasar tahap berpikir van Hiele adalah semua siswa mencapai tahap visualisasi, 76,3% siswa mencapai tahap analiasis, dan 61,3% siswa mencapai pada tahap deduksi informal. Kesimpulannya adalah kemampuan geometri siswa MTs masih pada tahap analisis. Kata Kunci: kemampuan geometri, tahap berpikir van Hiele

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Mathematics, matematika, kemampuan geometri, tahap berpikir van Hiele
Subjects: Matematika
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Mar 2019 15:47
Last Modified: 15 Mar 2019 15:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum