PENGGUNAAN ISLAMIC CREATIVE ART THERAPY (I-CAT) DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGATASI MASALAH PRIBADI DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA

SUANDARA PRATIWI, NIM. 15220019 (2018) PENGGUNAAN ISLAMIC CREATIVE ART THERAPY (I-CAT) DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGATASI MASALAH PRIBADI DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN ISLAMIC CREATIVE ART THERAPY (I-CAT) DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGATASI MASALAH PRIBADI DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA)
15220019_BAB I_ BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN ISLAMIC CREATIVE ART THERAPY (I-CAT) DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGATASI MASALAH PRIBADI DI PUSAT KAUNSELING MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN MALAYSIA)
15220019_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tidak semua konseli dapat mengemukakan apa yang konseli rasakan secara verbal oleh karena itu penggunaan I-CAT efektif untuk konseli yang bermasalah dengan verbalnya dalam penyampaian masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan, bertujuan untuk mendeskripsikan tahap-tahap penggunaan I-CAT dalam konseling individu untuk mengatasi masalah pribadi di Pusat Konseling MAINS Malaysia. Metode pengumpulan data nya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah konseli dengan masalah pribadi dan konselor PK MAINS cabang Seremban yang menjadi konselor dengan konseli yang mempunyai masalah pribadi yang menggunakan I-CAT dalam konseling individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan penggunaan I-CAT ada lima tahapan yaitu (1) sesi pembukaan (tahap awal), (2) sesi peluahan (tahap mengungkapkan perasaan), (3) sesi penerokaan (tahap eksplorasi), (4) sesi perbincangan (tahap diskusi), (5) sesi rumusan (tahap pemecahan masalah). Pada dasarnya penggunaan I-CAT dalam konseling individu hampir sama dengan konseling individu pada umumnya, namun yang membedakannya adalah pada konseling individu menggunakan I-CAT dalam pengekplorasi masalah menggunakan media gambar agar mempermudah konseli dalam penyampaian permasalahan yang ada kemudian ketika proses berbagi pengalaman antara konselor dan konseli, konselor memasukkan nilai-nilai keagamaan sebagai refleksi dalam konseling tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. SAID HASAN BASRI,S.Psi.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Islamic Art Therapy (I-CAT), Konseling Individu, Masalah Pribadi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2019 15:52
Last Modified: 15 Mar 2019 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33885

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum