STUDI TENTANG PELAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIT II UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

ISTI NURDIYATI - NIM. 04141780, (2010) STUDI TENTANG PELAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIT II UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG PELAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIT II UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG PELAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIT II UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (282kB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Studi Tentang Pelayanan Sirkulasi di UPT Perpustakaan Unit II Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi tentang pelayanan sirkulasi di UPT Perpustakaan Unit II UAD Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah pemusta di perpusatakaan UAD yaitu mahasiswa, dosen, karyawan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3005, sampel dalam penelitian ini diambil dari kelompok pemusta di perpustakaan sebanyak 97 responden dengan menggunakan metode proporsional random sampling. Objek dalam penelitian ini adalah pelayanan sirkulasi di UPT Perpustakaan Unit II Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Perhitungan analisis data menggunakan rumus Mean dan untuk menarik kesimpulan digunakan rumus grand mean. Kegiatan sirkulasi menurut Lasa Hs yang digunakan sebagai dasar untuk mengetahui studi tentang pelayanan sirkulasi di UAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan sirkulasi secara umum sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata perhitungan sebersar 3,00. Sebagai saran, meskipun pelayanan sirkulasi di UPT Perpustakaan Unit II UAD sudah baik, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu mengenai ketanggapan petugas terhadap kesulitan yang dialami pemustaka yang masih kurang, pustakawan diharapkan segera menindak lanjuti setiap keluhan yang diberikan oleh pengguna, perhatian petugas terhadap pertanyaan yang diajukan dan berusaha memberikan jawaban yang sesuai dengan keinginan mereka. Dalam hal sanksi, banyak pemustaka yang melanggar proses pengembalian sehingga menimbulkan adanya penarikan denda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Djazim Rohmadi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Sirkulasi, Perpustakaan Universitas
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 11:22
Last Modified: 13 Oct 2015 01:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3390

Actions (login required)

View Item View Item