STUDI KOMPARASI ANTARA HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM DALAM PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK PERDATA JANIN

AULIYA GHAZNA NIZAMI, NIM. 1620310100 (2018) STUDI KOMPARASI ANTARA HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM DALAM PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK PERDATA JANIN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI ANTARA HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM DALAM PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK PERDATA JANIN)
1620310100_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI ANTARA HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM DALAM PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK PERDATA JANIN)
1620310100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas dan mengkaji hak-hak perdata janin yang meliputi waris, wasiat, dan wakaf dalam hukum Islam yang diambil dari fikih klasik dan hukum positif Indonesia yang diambil dari pasal-pasal Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Penelitian dilakukan dikarenakan masih minimnya payung hukum yang tersedia untuk melindungi hak-hak keperdataan janin di dalam sistem prundang-undangan Indonesia. Sehingga hak-hak keperdataan yang sejatinya menjadi hak janin tidak tersalurkan dengan baik atau bahkan keberadaan janin terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perlindungan hukum yang ditawarkan oleh masing-masing hukum Islam dan hukum positif di Indonesia, untuk kemudian diketahui persamaan-persamaan dan perbedaanperbedaan di antara hukum Islam dan hukum positif. Dimaksudkan dengan penelitian ini kekayaan hukum Islam akan hukum-hukum yang mengatur tentang janin dapat melengkapi dan menambahi hukum-hukum yang telah berlaku di Indonesia yang berkaitan dengan janin dan hak-haknya dalam waris, wasiat, dan wakaf melalui nilai-nilai yang terkandung dalam tiap kebijakan hukum yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan cara mengumpulkan data untuk mengurai teks-teks hukum yang berkaitan dengan janin dan artikel penunjang lainnya, bersifat yuridis normatif yang berusaha mengeluarkan nilainilai dan norma-norma dari bulir-bulir hukum ataupun dalil-dalil yang termuat dalam hukum, dengan menggunakan metode perbandingan, dan menggunakan pendekatan deskriptif-komparatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara umum cakupan perundangan di Indonesia dan hukum Islam atas perlindungan hukum terhadap janin dan membandingkan isi keduanya yang masih problematik. Penelitian terhadap hukum Islam dan hukum positif ini menghasilkan dua kategori utama hasil penelitian, satu, persamaan-persamaan dan perbedaanperbedaan, dua nilai-nilai dalam hukum Islam yang dapat diimplementasikan ke hukum peraturan di Indonesia. Persamaan dan perbedaan yang dimaksud antara lain, satu, antara hukum Islam dan hukum positif di Indonesia sama-sama menerapkan hukum yang sama dalam hal pengakuan janin dalam kandungan dan pengakuan janin dalam kandungan yang terjadi akibat hubungan luar nikah atas suatu proses kewarisan. Dua, bagian waris yang diterima oleh janin yang telah mendapatkan pengakuan. Tiga, status dan kedudukan janin yang telah mendapatkan pengakuan. Nilai-nilai yang dimaksud meliputi nilai keadilan yang menggunakan pendekatan moralitas dan konsistensi penegakan hukum terhadap konteks yang melatar-belakangi, nilai kepastian hukum atau validitas hukum dengan menggunakan pendekatan yuridis, dan nilai manfaat yang menggunakan pendekatan sosiologis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Lindra Darnela, S.Ag., M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum, hukum Islam, hukum positif, janin, waris, wasiat, wakaf.
Subjects: Hukum Keluarga
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Hukum Keluarga
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Mar 2019 06:37
Last Modified: 18 Mar 2019 06:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33909

Actions (login required)

View Item View Item