BIMBINGAN DAN KONSELING KEAGAMAAN PADA WANITA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL BINAAN BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA

ANIKMATUL KHOIROH, NIM. 16203101010 (2018) BIMBINGAN DAN KONSELING KEAGAMAAN PADA WANITA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL BINAAN BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN DAN KONSELING KEAGAMAAN PADA WANITA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL BINAAN BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA)
1620310101 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN DAN KONSELING KEAGAMAAN PADA WANITA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL BINAAN BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA)
1620310101 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Kericuhan yang belakangan ini terjadi di masyarakat terkait kekerasan seksual terhadap wanita dan penanganannya dengan memberikan rehabilitasi salah satu model rehabilitasi dengan menggunakan bimbingan dan konseling keagamaan, kerena agama merupakan salah satu media yang digunakan untuk terapi tingkah laku dan penyembuhan mental atau kejiwaan. Melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan field research, penulis mengkaji profil warga binaan balai perlindungan dan rehabilitasisosial wanita Yogyakarta, proses bimbingan dan konseling keagamaan kepada wanita korban kekerasan seksual, serta bagaimana hasil setelah diberikan bimbingan dan konseling keagamaan pada wanita korban kekerasan seksual. Guna menghasilkan keakuratan data yang mendukung penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen dengan melibatkankonselor, pekerja sosial, dan korban kekerasan seksual sebagai subjek penelitian. Untuk membuat kesimpulan yang mudah dipahami, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, Profil warga binaan balai perlindungan dan rehabilitasi sosial wanita beragam baik dari sisi permasalahan, proses masuknya ke BPRSW, usia, dan kondisi klien. Kedua, Proses bimbingan dan konseling keagamaan pada klien diberikan dengan penguatan fitrah dan keimanan dengan cara berdo’a, beribadah, dan memberikan motivasi pada klien untuk lebih mendekatkan diri dan berserah diri kepada Allah. Ketiga, Hasil atau perubahan setelah diberikan konseling keagamaan dipengaruhi tingkat kognitif atau pengetahuan korban terhadap ajaran keagamaan, dan faktor kondisi mental yang mengalami gangguan kejiwan, serta perasaan klien menjadi lebih tenang dan dapat menerima keadaannya. Profesionalitas konselor dalam memberikan bimbingan dan konseling keagamaan juga dapat memberikan pengaruh keberhasilan proses konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sekar Ayu Aryani, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Wanita Korban Kekerasan Seksual, Bimbingan dan Konseling Agama.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Mar 2019 06:52
Last Modified: 18 Mar 2019 06:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33910

Actions (login required)

View Item View Item