LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS KKNI UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT JIWA WIRAUSAHA SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

MULKIYAN, NIM. 1620310104 (2018) LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS KKNI UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT JIWA WIRAUSAHA SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS KKNI UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT JIWA WIRAUSAHA SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)
1620310104 - BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS KKNI UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT JIWA WIRAUSAHA SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)
1620310104 - BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Perencanaan karir yang tepat merupakan pondasi awal terhadap siswa dalam menentukan arah pilihan karirnya. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui layanan bimbingan karir berbasis KKNI yang ditujukan kepada para siswa yang hendak menekuni karirnya dibidang keahlian masing-masing . Melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik, penulis meneliti tentang langkah-langkah persiapan bimbingan karir, bentuk-bentuk bimbingan karir, dan pelaksanaan pelaksanaan bimbingan karir. Guna menghasilkan keakuratan data yang mendukung penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk membuat kesimpulan yang mudah dipahami, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Pelaksanaan bimbingan karir berbasis KKNI untuk menumbuhkan semangat jiwa wirausaha siswa dimulai dengan langkah persiapan meliputi: menentapkan tujuan bimbingan karir, mengidentifikasi sasaran siswa dalam bimbingan karir, menetapkan materi dan metode bimbingan karir, menetapkan jadwal dan waktu pelaksanaan, dan mennyiapkan ukuran keberhasilan layanan bimbingan karir. 2. Bentuk-bentuk layanan bimbingan karir berbasis KKNI terdiri dari layanan carier day, bimbingan kelanjutan studi ke Perguruan Tinggi, pemantapan pilihan jurusan, pengentasan masalah-masalah karir siswa, dan bimbingan khusus menghadapi UN. 3. Proses layanan bimbingan karir berbasis KKNI untuk menumbuhkan semangat jiwa wirausaha siswa terbagi menjadi tiga program yaitu layanan diskusi, pelatihan kewirausahaan, dan praktek industri. 4. Adapun yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam layanan bimbingan karir berbasis KKNI untuk menumbuhkan semangat jiwa kewirausahaan. Pertama: faktor pendukung meliputi dukungan dari guru mata pelajaran, walik kelas, kepala sekolah dan staf sekolah, tersedianya laboratorium yang memadai, semisal laboratorium komputer, laboratorium kamera, dan bengkel, dan kerjasama dengan lembaga instansi. Kedua: faktor penghambat terdiri dari kurangnya motivasi dalam diri siswa, adanya sikap rasa malu yang dialami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sriharini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir, KKNI, Jiwa Wirausaha,
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Mar 2019 07:04
Last Modified: 18 Mar 2019 07:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33912

Actions (login required)

View Item View Item