IMPLEMENTASI BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MEMBANTU MASALAH BELAJAR MAHASISWA (STUDI KASUS PADA SATU MAHASISWI PENDIDIKAN SAINS PERTANIAN UNIVERSITI PUTRA MALAYSIA)

KASMI, NIP. 15220018 (2018) IMPLEMENTASI BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MEMBANTU MASALAH BELAJAR MAHASISWA (STUDI KASUS PADA SATU MAHASISWI PENDIDIKAN SAINS PERTANIAN UNIVERSITI PUTRA MALAYSIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MEMBANTU MASALAH BELAJAR MAHASISWA (STUDI KASUS PADA SATU MAHASISWI PENDIDIKAN SAINS PERTANIAN UNIVERSITI PUTRA MALAYSIA))
15220018_BAB I, IV _DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MEMBANTU MASALAH BELAJAR MAHASISWA (STUDI KASUS PADA SATU MAHASISWI PENDIDIKAN SAINS PERTANIAN UNIVERSITI PUTRA MALAYSIA))
15220018_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mahasiswa yang tidak minat belajar yang mengakibatkan CGPA menurun dan harus menambah waktu studi menjadi satu tahun lebih lama atau lebih daripada teman-temannya yang lain. Hal ini disebabkan karena hilangnya fokus belajar pada mata kuliah yang ada pada jurusan pendidikan sains pertanian UPM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pelaksanaan bimbingan belajar untuk membantu masalah belajar mahasiswa yang dilakukan oleh konselor Bahagian Kaunseling Universiti Putra Malaysia (BKUPM). Adapun analisis yang digunakan adalah analisa induktif atau deskriptif kualitatif yaitu mengklarifikasi data yang telah terhimpun agar dapat menjawab rumusan masalah. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan sain pertanian UPM yang tidak memiliki minat belajar dan konselor BKUPM yang menjadi konselor mahasiswa tersebut selama melakukan sesi konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bimbingan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa yang memiliki masalah belajar adalah (1) Six Pack Problem Solving, (2) Dream Mapping, (3) Pemberian Informasi melalui my smart score dan motivasi NAK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nailul Falah S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar, Masalah Belajar
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Mar 2019 07:30
Last Modified: 18 Mar 2019 07:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33917

Actions (login required)

View Item View Item