ANALISIS SEKTOR EKONOMI UNGGULAN KABUPATEN/KOTA YANG BERPOTENSI DIMEKARKAN MENJADI PROVINSI CIREBON (KAB. CIREBON KAB. INDRAMAYU KAB. MAJALENGKA KAB. KUNINGAN)

ALPURKON HASANUDIN SUHADA, NIM. 13810017 (2018) ANALISIS SEKTOR EKONOMI UNGGULAN KABUPATEN/KOTA YANG BERPOTENSI DIMEKARKAN MENJADI PROVINSI CIREBON (KAB. CIREBON KAB. INDRAMAYU KAB. MAJALENGKA KAB. KUNINGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SEKTOR EKONOMI UNGGULAN KABUPATEN/KOTA YANG BERPOTENSI DIMEKARKAN MENJADI PROVINSI CIREBON (KAB. CIREBON KAB. INDRAMAYU KAB. MAJALENGKA KAB. KUNINGAN))
13810017_BAB-1 ATAU V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SEKTOR EKONOMI UNGGULAN KABUPATEN/KOTA YANG BERPOTENSI DIMEKARKAN MENJADI PROVINSI CIREBON (KAB. CIREBON KAB. INDRAMAYU KAB. MAJALENGKA KAB. KUNINGAN))
13810017_BAB II_SAMAPI_SEBELUM-BAB-TERAKIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan ekonomi merupakan salah satu yang dapat dilakukan dengan melalui pembangunan wilayah. Pembangunan wilayah merupakan suatu upaya pembanguna yang dilakukan pada suatu wilayah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Masalah yang dihadapi kabupaten-kabupaten yang termasuk dalam wilayah Provinsi Cirebon adalah ketimpangan pembangunan ekonomi karena sangat jauhnya pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Oleh sebab itu kemudian banyak gagasan mengenai pembentukan provinsi baru untuk memperdekat pusat pemerintahan dengan wilayah pembangunan. Pembangunan seharusnya difokuskan kepada sektor potensial sehingga akan memberikan multyplayer effect terhadap sektor lainnya, sehingga tujuan pembangunan dapat dicapai. Kemudian adanya penelitian ini bertujuan melihat sektor potensial pada kabupaten-kabupaten Provinsi Jawa Barat yang ingin mendirikan provinsi baru. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah, analisis location quent (LQ), overlay, typologi klassen, shift-share, MRP. Hasil analisis penelitian ini menyimpulkan bahwa sektorsektor potensial yang ada pada Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, memiliki potensi yang beragam diataranya adalah Administrasi Pemerintah, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib, Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial, Jasa Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: MUHAMMAD GHOFUR WHIBOWO, S. E., M.SC.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Mar 2019 08:14
Last Modified: 18 Mar 2019 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33923

Actions (login required)

View Item View Item