MENGUNGKAP TRAGEDI HUMAN TRAFFRICKING MELALUI PEMBERIAN LAYANAN KONSELING PSIKOSOSIAL DI BALAI PERLINDUNGAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA

LILIANA HASIBUAN, NIM. 1620310127 (2018) MENGUNGKAP TRAGEDI HUMAN TRAFFRICKING MELALUI PEMBERIAN LAYANAN KONSELING PSIKOSOSIAL DI BALAI PERLINDUNGAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENGUNGKAP TRAGEDI HUMAN TRAFFRICKING MELALUI PEMBERIAN LAYANAN KONSELING PSIKOSOSIAL DI BALAI PERLINDUNGAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA)
1620310127_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MENGUNGKAP TRAGEDI HUMAN TRAFFRICKING MELALUI PEMBERIAN LAYANAN KONSELING PSIKOSOSIAL DI BALAI PERLINDUNGAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA)
1620310127_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus human trafficking yang terjadi, sedangkan masyarakat awam masih banyak yang belum memahami tentang human trafficking ini, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tragedi human trafficking melalui perjalanan dan pengalaman seorang korban agar diketahui dampak psikososial yang muncul pada korban human traffikcing, serta bantuan/layanan yang diberikan guna menyembuhkan korban dari trauma akibat human trafficking yang dialaminya dengan harapan seseorang yang pernah menjadi korban human trafficking masih berhak mendapatkan masa depan yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologik dengan metode wawancara, observasi, dan dokumen. Adapun hasil dalam penelitian ini, korban terjerat dalam kasus human trafficking karena faktor ekonomi dan pendidikan yang rendah, serta kurangnya perhatian dari keluarga. Selain itu, jenis human trafficking pada topik ini masuk pada kategori eksploitasi seksual, dengan serangkaian perjalanan dan pengalaman yang dialami korban menyebabkan korban mengalami perubahan psikologis seperti halnya teringat akan peristiwa menyedihkan di masa lalunya, merasa seolah-olah peristiwa menyedihkan itu terulang kembali, terkadang mudah marah, dan hal ini mengganggu kenyamanan hidupnya. Sehingga Balai Perlindungan Rehabilitasi Sosial Wanita Yogyakarta dan psikolog memberikan bantuan melalui layanan konseling psikososial dengan tujuan korban human trafficking sehat secara psikologis dan sosial bahkan psikolog telah memberikan konseling secara eklektik dalam konseling sesuai kebutuhan klien, seperti konseling behavioral, dan konseling humanistik. Selain itu, beragam kegiatan di BPRSW yang dapat membantu korban tersebut dalam menyembuhkan lukanya dan menghadirkan kembali harapan masa depan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Zulkipli Lessy, S. Ag., S.Pd., M. Ag., MSW., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Mengungkap tragedi, human trafficking, layanan konseling psikososial
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Mar 2019 04:33
Last Modified: 19 Mar 2019 04:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33928

Actions (login required)

View Item View Item